Cara Membeli Rumah Sitaan

10 Des 2016, 13:00 WIB | 4023 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang harus dimiliki. Tentu saja untuk mendapatkannya, setiap orang harus menabung hingga beberapa tahun. Menabung pun juga dirasa sulit karena setiap tahun harga rumah semakin mengalami kenaikan.  

Salah satu solusi yang bisa Anda pilih untuk memiliki rumah adalah membeli rumah dari sitaan bank. Bank memerlukan arus keuangan yang cepat. Dengan adanya kredit macet ini, pasti mereka akan mengalami kerugian, oleh sebab itu untuk menambal kerugian dengan menawarkan harga murah dengan asumsi rumah akan lekas laku.

Untuk pelelangan barang sitaan, bank biasanya bekerjasama dengan kantor pelelangan dan balai lelang swasta yang menjadi perantara. Objek lelang ini begitu beragam mulai dari tanah, rumah, unit, apartemen dan yang lainnya. Bila Anda berminat membeli, ada beberapa langkah aman yang bisa Anda ikuti.

Cari informasi rumah sitaan yang dijual 

Apabila berminat membeli rumah hasil sitaan, Anda harus lebih rajin mencari informasi rumah hasil sitaan yang dijual dan telah dimasukkan di daftar lelang. Informasi ini bisa di dapatkan di bank dan balai pertahanan.  

Anda juga bisa mendaftar lelang di situs resmi kekayaan negara. Untuk mengikuti lelang, Anda diwajibkan menyetorkan uang sebesar 20 persen hingga 50 persen dari taksiran lelang paling rendah. 

BACA JUGA : CIRI-CIRI ANDA HARUS SEGERA MENGAJUKAN KPR

Jeli pilih rumah sitaan 

Cermati rumah hasil sitaan. Apabila Anda mencermatinya dengan baik, Anda bisa saja memperoleh rumah yang berkualitas dengan harga yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan harga pasar. Biasanya barang lelang tidak selalu mudah terjual sehingga bank akan membuka lelang beberapa kali hingga properti terjual. 

Survei lokasi rumah yang akan dijual 

Membeli rumah yang berasal dari hasil sitaan sudah pasti tidak berbeda dengan melakukan pembelian rumah pada umumnya. Anda harus melakukan survei untuk melihat lokasi rumah. 

Jangan tergiur dengan harga rumah yang berada di bawah harga pasaran, namun perhatikan lokasi rumah, hingga kondisi rumah yang berada di sekelilingnya. Hal ini penting dilakukan agar Anda merasa nyaman saat menempati rumah. 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta