Cara Hemat Bangun Rumah Sendiri

Perumahan siap huni ataupun inden semakin marak belakangan ini. Meski demikian, tidak sedikit orang-orang yang ingin membangun rumah sendiri. Alasan yang diutarakan pun beragam. Salah satunya adalah karena ingin rumah sesuai dengan impiannya. 

Membangun rumah sendiri bukan hal yang murah, belum lagi berbagai kebutuhan pokok yang harus terpenuhi sedangkan harga juga cenderung naik, bahkan banyak yang terjebak mereka awalnya ingin berhemat namun malah boros karena pembangunan rumah yang membengkak. 

Keinginan membangun rumah sendiri sering dihadapkan pada kendala dana. Memang harus diakui bila pembangunan rumah memerlukan dana yang besar. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti membangun rumah yang berkualitas dengan harga murah, yakni:

Gunakan tipe minimalis

Rumah yang didesain dengan menggunakan tipe minimalis sedang menjadi tren pengembangan perumahan. Desain ini dinilai efisien untuk penggunaan bahan bangunan namun tetap terkesan modern.

Dengan desain yang minimalis, rumah ini lebih menghemat ruangan sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan bahan bangunan. Untuk mendapatkan desain dengan tipe minimalis, Anda bisa mencari referensi melalui internet. 

BACA JUGA : MEMBUAT RUMAH NYAMAN TANPA RENOVASI

Buat perencanaan pembangunan

Setelah Anda menentukan desain, Anda bisa berencana untuk pembangunan rumah. Rencana ini mulai dari dana yang akan Anda keluarkan hingga waktu pembangunan. Rencana ini berguna untuk pengendali jika terdapat penyimpangan selama masa pembangunan. 

Riset harga bahan bangunan 

Harga bahan bangunan sekarang semakin tinggi. Ini dia faktor yang harus Anda pertimbangkan dengan matang. Tidak sedikit orang yang menunda pembangunan rumah karena harga dari bahan bangunan yang tinggi. Lebih baik Anda melakukan survei harga terlebih dulu guna mendapatkan harga terbaik. 

Selektif pilih juru bangunan 

Juru bangunan ini yang akan meracik seluruh bahan bangunan kemudian menyajikannya berupa rumah dengan kualitas baik. Karena pentingnya peran dari tukang bangunan ini, tidak mengherankan bila biaya untuk jasanya sangat menyita bagian yang besar. 

Oleh karena itu, selektif dalam pemilihan tukang sangat diperlukan, pilih tukang bangunan yang ahli dalam bidangnya serta mempunyai reputasi yang baik.  

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!