Cara Beli Rumah yang Jadi Jaminan Bank

Notaris,

Berita Terkait:

Apakah Anda sedang ingin membeli rumah namun faktanya rumah yang ingin Anda beli tersebut berstatus sebagai jaminan di sebuah bank? Kemudian, Anda disarankan oleh sang penjual rumah untuk membayar terlebih dahulu uang muka atau down payment (DP) karena penjual beralasan uang tersebut akan digunakan untuk mengambil SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) yang ditahan oleh bank. 

Mungkin ada sebagian dari Anda yang sedang bingung jika mengalami kasus di atas, karena berpotensi penipuan dan cukup berisiko bila berurusan dengan pihak bank. 
Dalam kasus ini Anda sangat ingin memiliki rumah tersebut karena sudah sesuai dengan keinginan Anda maupun keluarga.  

BACA JUGA : INSPIRASI DEKORASI WARNA EMAS, HITAM DAN PUTIH


Ada tiga cara yang bisa dijadikan sebagai alternatif solusi untuk Anda. Namun perlu diingat, sebelumnya harus dilandasi dengan perjanjian yang matang antara Anda dan penjual. 

Hal ini sangat perlu untuk dilakukan jika nantinya terdapat penyimpangan yang dilakukan oleh penjual, Anda telah memiliki dasar yang kuat untuk mendapatkan hak Anda sebagai pembeli yang sah dan meminimalisir resiko yang mungkin terjadi kepada Anda selaku pembeli.

Pastikan Anda juga menc
ari informasi terkait data fisik dan yuridis terhadap SHGB rumah melalui kantor pertanahan setempat yang berbentuk surat keterangan pendaftaran tanah. Simak penjelasannya di bawah ini!

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!