Cara Balik Nama Warisan ke Seorang Ahli Waris

Oleh: 08 Jun 2016, 11:30 WIB | 8540 Pembaca
foto : dok. Rumahku.com

Mengurus balik nama sertifikat tanah warisan memang agak merepotkan jika Anda masih bingung prosedurnya. Namun tentunya, hal ini harus segera diurus agar semuanya menjadi beres dan jelas.

Misalnya, orang tua Anda meninggal dan kemudian memberikan harta warisan berupa tanah kepada Anda dan keempat saudara Anda. Dalam surat wasiat telah disebutkan bagian masing-masng warisan yang didapat. Namun sesuai kesepakatan bersama dengan keempat saudara Anda, akhirnya harta warisan diberikan pada Anda dengan menyerahkan balik nama warisan sesuai dengan nama Anda.

Lantas agar bisa balik nama warisan ke nama Anda, yang diperlukan adalah surat keterangan waris atau surat kematian atas nama orang yang meninggal dengan kata lain atas nama orang tua Anda yang telah meninggal. Hal ini sesuai dengan PP No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah Pasal 42 ayat (4).

Surat kematian atau surat keterangan waris digunakan untuk menjadi rujukan balik nama ke ahli waris. Kemudian membayar BPHTB waris dan PBB tahun berjalan. Isi formulir permohonan BPHTB waris di Dispenda yang ada di kota Anda. Petugas Dispenda akan memberi taksiran harga dan perhitungan pajak yang perlu dibayar ahli waris.

BACA JUGA : TATA CARA PERWAKAFAN TANAH MILIK DI INDONESIA

Sebelum membalik nama warisan ke nama Anda, yang perlu dilakukan sebelumnya adalah mengisi permohonan balik nama sertifikat ke seluruh ahli waris. Adapun dokumen yang perlu dilengkapi adalah sebagai berikut :

  • Fotokopi surat kematian
  • Fotokopi surat keterangan waris
  • Bukti setor BPHTB
  • Bukti setor PBB tahun terbaru dan membayar PNBP balik nama waris
  • Fotokopi KTP

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta