Cara Antisipasi Bahaya Paparan Asap Rokok di Rumah

Tips & Panduan,

Berita Terkait:

Tahukah Anda kalau merokok di dalam rumah ternyata sangat berbahaya, bukan hanya bagi kesehatan Anda, tapi juga bagi penghuni rumah lainnya. Zat kimia dari asap rokok sangat mudah melekat, dan jika sudah terpapar ke dinding rumah, maka akan bertahan lama dan terus mengotori udara di rumah Anda.

Residu dari rokok yang tertinggal berupa zat-zat kimia yang sangat mudah melekat, seperti karsinogen dan nikotin. Kedua bahan ini sangat mudah menempel di permukaan keras dan merembes ke bahan berpori seperti sofa, karpet, lantai kayu, dan bahkan dinding.

Bila sudah terlanjur melekat di dinding, furnitur, atau karpet, mau tak mau Anda harus bekerja ekstra keras untuk membersihkannya. Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan racun akibat asap rokok di rumah Anda?


Untuk karpet, mungkin Anda tidak perlu terlalu pusing. Anda tinggal mencucinya. Sedangkan untuk dinding, ini agak merepotkan.

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah menyikat langit-langit, lantai, dan dinding rumah Anda dengan larutan deterjen dan air panas. Lalu untuk menghapus zat kimia yang melekat, Anda bisa menyemprotkan cuka putih ke dinding, langit-langit, dan lantai.  Langkah selanjutnya, keringkan dinding dengan menggunakan kain bersih.

BACA JUGA : TIPS MENDEKORASI RUMAH DENGAN WARNA HITAM

Untuk menghilangkan noda rokok yang telah melekat menahun di dinding, Anda bisa membersihkan noda tersebut dengan menggunakan trisodium fosfat. Anda dapat membeli trisodium fosfat di tempat Anda biasa membeli bahan pembersih rumah tangga.


Langkah pertama, campurkan satu sendok makan trisodium fosfat dengan satu liter air hangat. Lalu, baluri seluruh bagian dinding dengan larutan tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat melakukannya.

Biarkan larutan mengering di dinding, lalu bilas dengan menggunakan spons yang telah dicelupkan ke dalam air bersih. Seringlah mengganti air bilasan saat Anda melakukannya. Setelah dinding bersih, Anda mungkin akan memerlukan pengecatan ulang agar dinding tampil segar.

Guna meminimalkan permasalahan dari paparan asap rokok di rumah Anda, bagi Anda yang menggunakan pendingin ruangan, jangan lupa untuk mengganti filter udaranya agar udara yang dikeluarkan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!