BPN Janjikan Sertifikasi Tanah Gratis Mulai 2017

Oleh: 23 Nov 2016, 10:30 WIB | 4816 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Belum lama ini Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memastikan sertifikasi tanah gratis akan dilakukan untuk masyarakat Indonesia. Masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk keperluan sertifikasi tanah.

Kepastian ini merupakan perwujudan atas permintaan Presiden Joko Widodo sebelumnya. Dimana ia ingin menaikkan target sertifikasi dari satu juta menjadi lima juta di bidang tanah. 

BACA JUGA : KESUKSESAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR INDONESIA DIDUKUNG OLEH FAKTOR INI

Hal ini disampaikan oleh M Noor matzuki, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN. Di sisi lain, Noor juga menjelaskan bahwa anggaran negara yang tersedia untuk 2017 hanya bisa menyertifikasi dua juta bidang tanah atau sekitar Rp700 miliar. Sedangkan untuk bisa memenuhi target lima juta bidang tanah dibutuhkan dana Rp2 triliun.

Untuk itu, sisa anggaran nantinya akan diambil dari APBD, tanggung jawab sosial perusahan besar, dan mobilisasi perbankan yang memiliki kepentingan terkait sertifikasi tanah. Beberapa wilayah Indonesia yang telah menyisihkan dana untuk percepatan sertifikasi tanah ini antara lain ada DKI Jakarta dan Surabaya.

Nantinya, Kementerian ATR/BPN akan bekerjasama dan berkomunikasi dengan Pemda dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi, supaya berkenan menyisihkan anggaran untuk sertifikasi tanah di daerah masing-masing.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta