Begini Fasilitas dan Kehidupan di Rusunawa Marunda Jakarta

Oleh: 28 Jan 2016, 08:30 WIB | 1721 Pembaca
foto : dok. Rumahku.com
Foto: dok. Rumahku.com

Tepat pukul 13.00 WIB, setelah waktu istirahat usai, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Rusunawa Marunda, Murni Sianturi, sudah kembali duduk di belakang meja kerjanya, di kantor pelayanan rumah susun sewa (rusunawa) Marunda.

Beberapa warga rusun yang berkepentingan, satu per satu segera menghampiri. Bila mereka membawa berkas yang perlu ditandatangani, tangan Murni pun segera sibuk membubuhkan tanda tangan. Di rusun Marunda, berbagai persoalan terkait rekomendasi membuat KTP atau KK, sampai berkas terkait urusan perjanjian sewa harus melalui dirinya.

“Ya seperti ini setiap harinya. Kadang saya di kantor sampai larut malam,” kata Murni.

Sejak bertugas di rusunawa Marunda pada Oktober 2015, Murni memang terus memperketat peraturan, terutama terkait urusan administrasi. Ia melakukan penataan administrasi Surat Perjanjian (SP) yang harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu keluarga (KK) domisili mereka tinggal.

Maklum, rusunawa Marunda sempat bermasalah dengan persoalan oknum calo yang menyewakan unit secara ilegal. Praktiknya bisa jual-beli atau oper alih secara ilegal.

BACA JUGA : CEK DULU FITUR PENTING INI SAAT MEMILIH TEMPAT TINGGAL

Untuk urusan ini, rusunawa Marunda sempat menduduki peringkat pertama di antara rusun-rusun bermasalah Jakarta Utara. Tidak tanggung-tanggung, terkadang ada yang sampai punya lima unit untuk disewakan.

“Kalau sekarang jangan macam-macam, kami rutankan (penjarakan). Saat ini sudah ada yang mendekam di tahanan kan. Sekarang tidak ada kompromi, ada laporan warga yang tinggal tapi datanya tidak sesuai, tidak tunggu waktu lama kami langsung segel. Kami juga sering mengadakan inspeksi mendadak (sidak),” jelas Murni. 

Sebelum menjabat sebagai Kasubag TU Rusun Marunda, Murni yang pernah juga aktif sebagai Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Rusun UPT I Jakarta Utara, dulunya memang kerap melakukan sidak di rusun-rusun di wilayah Jakarta Utara. Kini ia fokus mengurusi persoalan di rusunawa Marunda.

“Dulu untuk warga relokasi dari Waduk Pluit kan unitnya sudah full furnished. Tersedia fasilitas seperti televisi dan kulkas. Kalau ada yang keluar dari rusun dan fasilitasnya ada yang dibawa, seperti televisi misalnya, ke manapun akan kami kejar. Kami akan ambil kembali,” tutur Murni.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta