Begini Cara Mengurus Pemecahan Sertifikat Tanah

Oleh: 30 Mar 2016, 11:30 WIB | 3376 Pembaca
foto : dok. Rumahku.com

Membeli sebidang tanah yang menjadi bagian dari tanah induk tidaklah rumit. Sang penjual sah-sah saja jika ingin menjual tanah miliknya hanya sebagian dan tidak seutuhnya. Bagi Anda yang membeli tanah dengan cara ini, nantinya Anda tetap dapat memiliki hak berupa sertifikat tanah.

Namun yang perlu diingat saat membeli sebidang tanah dari tanah induk yang dimiliki penjual adalah melakukan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak dan di depan petugas yang berwenang seperti Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Hal ini untuk menghindari kecurangan atau ketidaksengajaan dari pemilik yang tidak memecah sertifikat di kemudian hari lantaran berbagai alasan.

BACA JUGA : 5 CARA MENARIK MINAT CALON PEMBELI RUMAH YANG DATANG

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah disebutkan bahwa pemecahan sebidang hak atas tanah yang sudah terdaftar dapat dipecah hanya atas permintaan pemegang hak yang bersangkutan. Dengan kata lain, hanya penjual tanah yang memegang hak atas tanah yang bisa mengajukan permohonan sertifikat tanah.

Peralihan hak atas tanah lewat jual beli hanya bisa didaftarkan jika dibuktikan dengan akta yang dibuat oleh PPAT. Sehingga pada saat sebidang tanah yang dibeli dari tanah induk sudah dipecahkan dan diterbitkan sertifikatnya, maka Anda dan pihak penjual selanjutnya melakukan penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) di hadapan PPAT untuk keperluan pendaftaran tanah yang baru dibeli.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta