Bahaya Virus Zika Bisa Dihalau dengan Cara Ini

Tips & Panduan,

Berita Terkait:

Musim hujan memang sudah tiba. Saat musim ini, ada hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya ialah mencegah perkembangan nyamuk. Biasanya kita akan lebih waspada pada nyamuk Aedes Aegypti. Hal ini dikarenakan nyamuk ini dapat menyebarkan berbagai virus mulai dari penyakit demam berdarah hingga virus zika.  

Untuk mencegah nyamuk tinggal di dalam rumah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. 

Gunakan kawat nyamuk 

Anda bisa menggunakan kawat nyamuk di ventilasi rumah. Tujuan dari penggunaan kawat untuk meminimalisir nyamuk ke dalam rumah, periksa nyamuk dengan berkala, selain itu pastikan tidak ada kawat yang bolong agar nyamuk tidak masuk. 

Rapikan seluruh tanaman 

Air merupakan tempat berkembang biak yang efektif bagi nyamuk. Untuk memotong perkembangbiakan ini, Anda bisa memotong tanaman yang rimbun. Tanaman yang rimbun akan membuat nyamuk betah berlama-lama di dalam, potong tanaman yang mulai terlihat rimbun untuk menghindari sarang nyamuk. 

BACA JUGA : 4 HAL YANG HARUS ADA DI KONSEP SMARTCITY

Buang genangan air 

Nyamuk cepat berkembang biak di genangan air. Genangan yang tenang biasanya berada di ban bekas, ember di luar dan wadah plastik. Bila Anda memiliki kolam ikan, Anda bisa menaburkan anti nyamuk kedalam kolam dan menguras kolam seminggu sekali secara teratur.

Untuk pot bunga seperti bunga teratai, pastikan pot bunga bersih dari jentik nyamuk. Ganti pot 2 hari sekali, periksa dispenser, tempat minum untuk hewan peliharaan, ganti air minum setiap 2 hingga 3 hari sekali. 

Gunakan anti nyamuk alami 

Penggunaan anti nyamuk alami dapat dilakukan dengan penanaman bunga yang menghasilkan wangi yang dibenci nyamuk seperti lavender, rosemary hingga serai. Wewangian ini dapat menjadi benteng mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. 

Rapikan pakaian yang tidak digunakan 

Pakaian yang tergantung lama di kamar rentan menjadi tempat nyamuk bersembunyi. Sebisa mungkin, rapikan kamar setiap hari dan masukkan baju yang digantung di kamar kedalam lemari, untuk baju kotor, pastikan tumpukan baju diangkut ke dalam mesin cuci setiap hari. Lakukan cara di atas secara teratur, agar penumpasan pada nyamuk bisa dilakukan dengan optimal.

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!