Apa Itu Town House?

Konsep kawasan hunian town house semakin diminati oleh masyarakat. Namun apa itu town house?

Town house adalah konsep hunian yang biasa disebut sebagai rumah bandar. Hunian ini merupakan suatu kompleks kecil yang berisi kurang lebih 30 unit rumah. Town house hanya memiliki satu pintu gerbang dan dijaga oleh petugas selama 24 jam nonstop. Dengan demikian, keamanan yang didapat jika menghuni town house ini akan terjamin. Town house juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh sesama penghuni seperti kolam renang, club house, lapangan tenis dan sebagainya. 
 


Konsep town house mulai berkembang di Indonesia sejak pertengahan 1990-an. Pada saat itu, town house hadir dengan target untuk pasar ekspatriat. Sehingga kebanyakan rumah-rumah di town house disewakan kepada pekerja warga negara asing.

Konsep town house di Indonesia tak lain merupakan adopsi dari Amerika Serikat. Town house di Amerika Serikat lebih dikenal dengan nama row house. Berbeda dari Amerika Serikat, town house di Indonesia belum menyediakan lahan parkir bawah tanah.

Namun, belakangan ini konsep town house menjadi rancu karena banyak pengembang yang menggunakan nama town house padahal jumlah rumah yang ada pada kompleks tersebut mencapai 100 unit. Hal ini sangat berbeda dengan konsep town house yang sebenarnya.

Salah satu tempat favorit pengembang di Indonesia untuk membangun town house adalah kawasan selatan Jakarta. Alasannya adalah sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa tinggal di selatan Jakarta merupakan suatu kebanggaan tersendiri dibandingkan kawasan lain.

Namun, town house memiliki kekurangan seperti sosialisasi antar tetangga yang kurang karena terbatasnya jumlah penghuni town house dan pemilik rumah tidak bisa sembarangan mengubah desain asli rumah sendiri.

Jadi, Anda berminat untuk memiliki hunian town house?