9 Elemen Standar untuk Rumah Ideal

Konstruksi,

Berita Terkait:

Pernahkah Anda bertanya, seperti apa standar rumah yang ideal? Bila Anda mencarinya dengan internet atau bertanya langsung pada ahlinya, Anda akan menemukan jawaban yang sangat beragam. 

Hal ini dikarenakan patokan ideal kerap setiap orang akan berbeda-beda. Perbedaan yang didasarkan pada selera dan keinginan. Tapi secara umum, ada beberapa elemen yang menjadi standar.

Elemen-elemen yang wajib ada pada setiap rumah, untuk bisa berfungsi secara optimal. Elemen yang secara sadar atau tidak sadar akan dipikirkan, ketika membangun atau mendesain rumah.

BACA JUGA : HEMAT RP500 RIBU DENGAN MEMBUAT MEJA SENDIRI

Apa sajakah itu? Berikut sembilan elemen standar desain rumah ideal pada umumnya:

  • Keselamatan
    Elemen utama yang perlu dipastikan dari rumah ideal ialah faktor keselamatan. Misalnya, di tepi tangga perlu diberikan railing untuk mengantisipasi bahaya jatuh atau instalasi listrik ditata sedemikian rupa, agar anak-anak aman dari bahaya kesetrum.
  • Kesehatan
    Elemen kesehatan umumnya berkaitan dengan sirkulasi udara yang baik, sinar matahari yang cukup, dan rumah bebas dari racun-racun. Selain itu, kebersihan juga tentang kebersihan rumah.
  • Kenyamanan
    Contoh kenyamanan misalnya dinding dibekali peredam suara, agar kebisingan dari luar bisa berkurang. Atau menciptakan desain arsitektur rumah yang tampak sejuk dan dingin, dengan atau tanpa AC. Rumah ideal tentu menawarkan kenyamanan pada penghuninya.
  • Keamanan
    Jangan sampai rumah mudah atau jadi incaran aksi pencurian dan sejenisnya. Contoh keamanan di rumah seperti memasang pagar dengan ketinggian dan jenis tertentu, jendela dilengkapi penutup besi, memasang CCTV, dan sebagainya.
  • Keindahan
    Hal ini terkait desain, baik pada arsitektur rumah hingga interiornya Misalnya rumah gaya khas arsitektur lokal dengan taman hias dan nuansa unsur alam lainnya.
  • Kemudahan
    Jangan lupakan elemen kemudahan dan ini terkait dengan kenyamanan. Contohnya, mudah ketika hendak pindah dari satu ruang ke ruang lainnya, seperti dapur dekat dengan ruang makan dan sebagainya.
  • Keawetan
    Daya tahan atau keawetan rumah ideal berkaitan dengan material bangunan yang dipilih dan perawatannya. Contohnya bagian luar rumah lebih awet bila memakai aluminium ketimbang kayu. Keawetan juga mempertimbangkan lingkungan dan cuaca.
  • Privasi Terjaga
    Rumah ideal perlu menjaga privasi penghuninya dari luar. Hal ini bisa diwujudkan lewat desain rumah yang tepat. Misalnya, pintu kamar tidur tidak langsung menghadap ke ruang tamu, agar tidak mudah terlihat aktivitas pemilik kamar oleh tamu.
  • Murah
    Membangun rumah sebagus mungkin menjadi harapan hampir semua orang. Rumah yang sesuai dengan impian, harapan dan kebutuhan. Namun, mewujudkannya kerap kali menguras kantong. Untuk itu, elemen terakhir dari ruang tamu ialah harga yang murah atau sesuai dengan kemampuan finansial pemiliknya.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!