5 Tanda Atap Rumah Butuh Perbaikan Segera

Konstruksi,

Berita Terkait:

Jangan meremehkan kelayakan atap rumah Anda. Mengecek dan rutin memperbaharuinya akan memberikan banyak keuntungan. Sebaliknya jika diabaikan, maka akan menimbulkan sejumlah masalah yang mengganggu.

Pemeriksaan yang dilakukan rutin bisa menekan biaya perbaikan yang membengkak, mengurangi risiko bocor, kecelakaan dan mempertahankan kondisi baik. Dengan demikian ketika hendak dijual, harga rumah tidak terlalu jatuh.

Jadi, sudahkah Anda rutin melakukan pemeriksaan atap rumah? Menurut The National Roofing Contractors Organization (NRCA), atap rumah idealnya dicek sebanyak 2 kali dalam setahun. Sementara tempat terbaik untuk memulai pemeriksaan ialah dari dalam rumah.

BACA JUGA : (VIDEO) WAH, AKTRIS CANTIK INI TERNYATA ROBOT

Berikut ini cara mengetahui 5 tanda atap rumah yang butuh perbaikan segera :

  1. Ambil senter dan periksa atap mulai dari loteng. Lalu cek tempat di mana dek atap kendur. Lihat tanda-tanda atau kemungkinan kebocoran, atau menemukan cahaya luar yang masuk dari atap dan bintik-bintik gelap.
  2. Lalu cek dari luar rumah. Periksa apakah ada bagian papan yang hilang, rusak, keriting atau ditumbuhi lumut.
  3. Amati tampilan papan apakah masih layak digunakan atau harus diganti. Serta perbaiki bagian atap yang longgar.
  4. Jangan lewatkan juga untuk mengecek tanda kelembaban, jamur dan bakteri. Kemunculannya bisa diperiksa sekitar 24-48 jam usai terkena air. Lihat juga jumlah butiran di sirap.
  5. Perhatikan drainase dan pastikan semua saluran air terbuka. Dengan demikian  air bisa menjadi lancar dan tidak menimbulkan masalah saat musim hujan. Jangan berhenti di loteng. Anda juga perlu memeriksa dapur, ventilasi dan kamar mandi di rumah.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!