45 Daerah Ini Masuk Nominasi Indonesia Smart Nation Awards (ISNA)

Oleh: 24 Nov 2016, 08:30 WIB | 1884 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Citiasia Center for Smart Nation akan meluncurkan hasil studi Indonesia Smart Nation Index 2016 (Indeks Daerah Pintar 2016) sekaligus mengumumkan daerah-derah dengan raihan nilai tertinggi.

Diselenggarakan di Hotel Bidakara pada hari Selasa (29/11) mendatang, malam penganugerahan tersebut akan mengukur seluruh kondisi daerah di Indonesia (34 provinsi, 412 kabupaten, dan 93 kota) dengan metode pengukuran lewat data yang terpublikasi di berbagai sumber, seperti data kementerian/lembaga, statistik wilayah, situs resmi pemda, hingga analisis dari 72 media cetak dan 100 media online.

BACA JUGA : BERSIAPLAH! PROPERTI SEDIKIT TERHAMBAT HINGGA MARET 2017

"Belakangan isu smart city makin ramai, namun sulit diaplikasikan karena ada begitu banyak konsep smart city. Citiasia mencoba bikin frame works untuk menjadi acuan pembangunan daerah biar lebih terstruktur," ucap Cahyana Ahmadjayadi, Founder & Chairman Citiasia Inc.

Ada dua dasar pengukuran yang menjadi nilai setiap daerah, yakni indeks kesiapan menuju daerah pintar (Smart Readiness Index) serta indeks kinerja daerah pintar (Smart Region Index).

Smart Readiness Index memiliki lima dimensi yang dapat diukur, antara lain sumber daya alam (nature), struktur, infrastruktur dan kultur sebuah daerah. Sedangkan Smart Region Index mengukur lima dimensi yang terdiri dari smart governance, smart branding, smart living, smart society, dan smart environment.

"Kami memanfaatkan metode big data analytic yang dikembangkan oleh Citiasia Inc yang disebut juga Big CAT (Citiasia Tools for Big Data Analytic), yang memungkinkan diolahnya data yang berskala masif dan beragam secara cepat dan akurat," tambah Cahyana.

Sementara menurut Prof. Dr Marsudi W. Kisworo, selaku Ketua Dewan Juri ISNA 2016, indeks ini berguna untuk memberi gambaran yang komprehensif tentang kondisi suatu kota, kabupaten, dan provinsi dalam sebuah ukuran yang mudah dipahami.

"Tujuan dari disusunnya indeks ini adalah untuk menjadi salah satu acuan kondisi daerah-daerah dalam menuju Indonesia Smart Nation. Sedangkan manfaat bagi daerah sendiri adalah sebagai alat ukur untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pembangunan di daerah agar dapat menjadi daerah pintar (Smart Region).

Berikut daftar daerah yang menjadi nominasi peraih penghargaan Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) 2016.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta