3 Jenis Rumah Tradisional Betawi

Oleh: 04 Mei 2016, 11:30 WIB | 2858 Pembaca
foto : ilustrasi

Pada artikel sebelumnya telah diungkapkan mengenai denah dan ciri khas yang ada pada rumah tradisional Betawi. Pada bangunan rumah Betawi terdapat suatu ciri khas berupa ornamen yang membedakannya dari rumah tradisional suku lainnya yang ada di Indonesia.

Berbicara mengenai arsitektur rumah Betawi, perkembangannya tumbuh dari percampuran dan pengaruh berbagai kebudayaan. Selama perkembangan arsitektur rumah Betawi di Indonesia, banyak peristiwa penting yang terjadi di Jakarta, sejak masih bernama Sunda Kelapa, kemudian Batavia, hingga akhirnya disebut dengan nama Jakarta saat ini.

BACA JUGA : MENGINTIP KEHIDUPAN KHAS MASYARAKAT BETAWI DI SETU BABAKAN

Ciri khas lainnya yang dimiliki oleh rumah Betawi selain ornamennya yang unik, yakni tidak ada konsep bagian laki-laki dan perempuan yang biasanya terdapat pada rumah tradisional Jawa dan Sunda. Adanya penggunaan struktur kuda-kuda Eropa maupun Timur menjadikan rumah Betawi begitu berbeda dari yang lainnya.​


Adapun ragam rumah Betawi terbagi ke dalam tiga jenis yang berbeda-beda. Apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, DKI Jakarta