Yuk, Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana Dengan Gaya Zen Dari Jepang

Yuk, Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana Dengan Gaya Zen Dari Jepang

Mungkin banyak dari Anda yang baru pertama kali mendengar tentang desain interior rumah bergaya Zen. Gaya Zen sendiri merupakan gaya dekorasi rumah minimalis sederhana yang seringkali diterapkan di rumah-rumah Jepang tradisional untuk menciptakan suasana tenang, damai, nyaman serta dekat dengan alam. Arti kata Zen sendiri bila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Meditasi”, yang artinya menciptakan ketenangan, keseimbangan, harmoni dan relaksasi.

Lalu bagaimana caranya menciptakan desain interior rumah minimalis sederhana a la Zen yang dapat menghilangkan stress dan memberikan ketenangan di sela kesibukan sehari-hari? Yuk, simak tips singkatnya berikut ini!

 -Gunakan warna-warna membumi seperti cokelat, abu-abu, putih, beige, pink lembut, atau hijau lembut. Dengan warna-warna lembut dan sesuai dengan alam akan membuat ruangan terasa menenangkan dan nyaman.

Gunakan warna-warna membumi untuk dekorasi sederhana a la Zen Jepang

-Gunakan Lantai Kayu Parket, Tikar Bambu atau Karpet Wol, untuk menciptakan kehangatan dan suasana natural pada ruangan.

Gunakan Lantai Kayu Parket, Tikar Bambu atau Karpet Wol, untuk menciptakan kehangatan dan suasana natural pada ruangan.

-Gunakan hanya kain-kain lembut yang nyaman dan Sederhana, seperti wol, linen dan kain dengan bentuk dan warna sederhana untuk tirai jendela, seprai, selimut atau taplak meja. Hindari warna-warna terang dan pola kain yang memiliki banyak renda atau gambar karena terlalu meriah dan dapat menghilangkan kesan nyaman.

Gunakan hanya kain-kain lembut yang nyaman dan Sederhana, untuk dekorasi sederhana a la Zen Jepang

-Pilih furnitur yang simpel dan warnanya lembut, seperti sofa minimalis cantik berwarna putih atau cokelat beige, kursi kayu dan kursi bambu dengan bentuk sederhana dilengkapi bantal cantik putih, lemari kayu sederhana tanpa ukiran, dan lain sebagainya.

Pilih furnitur yang simpel dan warnanya lembut, untuk dekorasi sederhana a la Zen Jepang

-Jangan terlalu banyak hiasan, seperti terlalu banyak pajangan lukisan di dinding, foto di atas meja, atau hiasan lain yang tidak perlu, karena selain kurang rapi juga akan membuat rumah terlihat penuh sesak. Prinsip utama gaya dekorasi Zen adalah kesederhanaan dan ketenangan. Lebih baik gantikan pajangan bermodel meriah dengan pajangan sederhana yang datang dari alam, seperti hiasan tanaman hijau atau bunga yang dilengkapi hiasan batu-batu kecil dan air jernih.

Jangan terlalu banyak hiasan, cukup gantikan dengan hiasan alam seperti batu kerikil dan tanaman pada rumah bergaya Zen jepang

-Gunakan sebanyak mungkin cahaya natural dan lembut. Perbanyak sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dengan membuat jendela-jendela yang besar. Selain irit listrik di siang hari, sirkulasi udara segar dari luar ke dalam akan semakin lancar dan tentunya membuat keluarga yang tinggal di dalamnya menjadi sehat. Pada malam hari gunakan lampu dengan penerangan lembut yang tak terlalu mencolok. Untuk menciptakan suasana tenang di kamar tidur bisa membeli lampu yang menyerupai nyala lilin atau electric candle untuk memberi kesan tenang dan romantis.

Gunakan sebanyak mungkin cahaya natural dan lembut untuk dekorasi sederhana a la Zen Jepang

Untuk menciptakan suasana tenang di kamar tidur bisa membeli lampu yang menyerupai nyala lilin atau electric candle untuk memberi kesan tenang dan romantis pada dekorasi sederhana a la Zen Jepang

-Gunakan pewangi atau aroma therapy kesukaan Anda untuk menambah suasana relaks dan menyenangkan.

-Hindari gangguan benda elektronik seperti keributan yang ditimbulkan TV, radio, komputer dan lain sebagainya. Sebaiknya tempatkan benda elektronik di ruang-ruang yang sibuk, seperti ruang keluarga atau ruang kerja. Untuk di kamar tidur sebaiknya tidak perlu meletakkan TV untuk memberikan kualitas tidur yang baik bagi penghuninya.

Hindari gangguan benda elektronik untuk menciptakan kualitas tidur yang baik

-Pajang tanaman-tanaman hias dalam pot kecil di ujung-ujung ruangan atau pajang bunga dalam vas sederhana di atas meja untuk memberikan kesan sejuk dan alami. Pajangan tanaman bonsai, terrarium gantung, dan tanaman cantik lain bisa jadi pilihan.

Pajang tanaman-tanaman hias untuk memberi kesan sejuk pada rumah minimalis gaya Zen Jepang

Pajang tanaman-tanaman hias untuk memberi kesan sejuk pada rumah minimalis gaya Zen Jepang

-Jaga kerapian ruangan dan ciptakan ruang kosong sebanyak mungkin dengan menyingkirkan benda tak perlu dari rumah. Hal ini berguna untuk menciptakan kesan lapang dan luas sehingga Anda bisa bebas dan leluasa bergerak dalam rumah.

Jaga kerapian ruangan untuk memberi kesan lapang pada rumah minimalis gaya Zen Jepang

Bagi yang ingin lihat contoh iklan rumah dan apartemen dijual yuk coba kunjungi deretan listing properti Rumahku.com. Disini tersedia semua informasi rumah dan apartemen dijual murah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang ingin pasang iklan jual rumah secara gratis, pasang saj adi Rumahku.com. Dijamin praktis dan cepat laku!

Sumber: (Freshome)

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading