Yuk, Buat Rumah Elok dengan Carport!

Yuk, Buat Rumah Elok dengan Carport!

Mungkin bagi Anda, carport hanyalah sebuah tempat biasa untuk menyimpan mobil, sehingga pembuatan elemen-elemennya tidak perlu diperhatikan secara khusus. Namun, jangan salah, sebuah carport, karena berada di bagian eksterior rumah Anda, dapat turut menentukan cantik atau tidaknya bagian fasad depan rumah Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, pembuatannya tidak boleh dilakukan secara sembarang.

Agar desain fasad eksterior rumah bertambah elok, sebaiknya desain carport  disesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan agar tercipta keselarasan antara carport dengan rumah. Misalnya jika bentuk desain rumah didominasi oleh desain a la tropis, carport bisa menggunakan bahan dari kayu atau batu alam sebagai struktur alaminya.

Jika tipe rumah Anda merupakan rumah minimalis, bahan aluminium bisa jadi pilihan struktur utama karena warnanya yang senada dengan konsep rumah minimalis yang dominan warna hitam dan abu-abu. Untuk atapnya sendiri, bisa memakai material fiberglass atau genting yang sesuai dengan selera.

Agar tidak berkesan frontal atau menutupi keindahan fasad depan rumah, letakkan carport di sebelah rumah jika memungkinkan. Namun jika tidak ada cukup ruang dapat juga dibuat di depan rumah.

Untuk memberi kesan teduh dan sejuk, letakkan beberapa tanaman di sekeliling carport atau penuhi dengan tanaman rambat agar tampak alami. jika hendak menggunakan tempat tersebut untuk fungsi lain seperti arisan atau kegiatan sosial, pasang lampu di dalam carport dan buat carport benar-benar bebas dari tetesan air atau terik matahari. Anda bisa menggunakan atap yang terbuat dari fiberglass atau genting.

Untuk alasan keamanan, pemasangan pagar memang diperlukan. Tapi ingat, pilihlah pagar yang bersekat, bukan yang rapat, supaya tidak menghalangi asap buangan kendaraan.

Agar carport Anda dapat digunakan secara nyaman, upayakan agar carport cukup luas untuk memarkir mobil, dan sebaiknya bidang bukaannya cukup besar. Hal ini dimaksudkan agar sirkulasi udara bisa berjalan baik dan asap kendaraan tidak mengganggu kesehatan.

Sumber: harian kompas klasika

 

 

 

 

 

 

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading