Telusuri Panduan Warna Cat Rumah Menurut Fengshui!

Telusuri Panduan Warna Cat Rumah Menurut Fengshui!

Warna Cat Rumah Menurut Fengshui. Seperti yang kita tahu, Fengshui merupakan suatu prinsip panduan praktis yang dipercaya dan dilaksanakan oleh kebanyakan orang-orang Timur dalam pendekorasian rumah, untuk dapat memperoleh keseimbangan dan aliran energi  yang menguntungkan, serta meningkatkan kesehatan dan kemakmuran bagi penghuni rumah. Pemakaian warna yang tepat ternyata juga bisa menentukan energi yang timbul dalam rumah Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang mempercayai fengshui, ada baiknya menyimak tips memilih warna cat ruangan yang tepat sesuai panduan berikut ini!

Tips Memilih Warna Cat Rumah

Prinsip umum pemilihan warna menurut fengshui adalah penyeimbangan antara warna dominan dan warna pelengkap. Jika Anda memilih warna-warna terang berunsur api pada dinding ruangan, seperti merah misalnya, energi yang timbul akan sangat panas, tidak relaks dan kurang santai. Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa tambahkan warna-warna netral atau lembut seperti putih, biru muda, cokelat muda, oranye atau hitam pada aksesoris atau furnitur ruangan supaya energi “panas” yang ditimbulkan warna merah bisa diseimbangkan.

Warna Cat Rumah Berunsur Api (Merah) dengan Warna Berunsur Air (Biru dan Hitam). Energi ruangan lebih stabil dan nyaman ditempati.

Berikut Contoh Penyeimbangan antara Warna Berunsur Api (Merah) dengan Warna Berunsur Air (Biru dan Hitam). Dengan cara ini, energi ruangan bisa lebih stabil dan nyaman ditempati.

Sementara ruangan yang memiliki terlalu banyak energi api membuat suasana kurang nyaman, menggunakan terlalu banyak warna gelap juga bisa menjadi terlalu dingin, suram dan berenergi negatif. Oleh karena itu sebaiknya selalu seimbangkan unsur gelap dengan unsur warna terang untuk mendapat kenyamanan sempurna dalam ruangan.

Terlalu banyak warna gelap dapat menimbulkan energi negatif. Lebih Baik Padukan Warna Gelap dengan Warna yang Lebih Terang untuk Membuat Suasana menjadi Lebih Seimbang & Positif

Terlalu banyak warna gelap dapat menimbulkan energi negatif. Lebih Baik Padukan Warna Gelap dengan Warna yang Lebih Terang untuk Membuat Suasana menjadi Lebih Seimbang & Positif

Nah, bagi Anda yang penasaran lima warna yang termasuk lima elemen pokok dalam Fengshui dan juga jenis energi yang dibawanya, coba lihat daftar berikut:
 

Warna Cat Rumah Biru & Hitam

Warna biru dan hitam berhubungan dengan energi air. Warna ini menenangkan dan dapat meningkatkan kualitas imajinasi dan pekerjaan kreatif, membuat kita tenang dan rileks, membantu meningkatkan keseriusan dalam meditasi atau do’a dan meningkatkan konsentrasi. Warna biru sendiri bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan privasi.

Warna Cat Rumah Biru Efek Tenang dan Menurunkan Tekanan Darah

Warna Biru Dapat Memberi Efek Tenang dan Menurunkan Tekanan Darah

Campuran biru dan ungu atau warna Lavender bisa digunakan sebagai desain kamar tidur karena membantu menurunkan tingkat stress dan meningkatkan ketenangan dalam beribadah.

Warna Cat Rumah Lavender Kamar Tidur Membantu Menurunkan Tingkat Stress

Warna Lavender Bisa Digunakan Sebagai Desain Kamar Tidur Karena Membantu Menurunkan Tingkat Stress

 

Warna Cat Rumah Hijau

Hijau membawa energi kayu atau energi yang membawa semangat kehidupan, merangsang manusia mengambil keputusan yang tepat, dan meningkatkan produktivitas dan aksi. Oleh karena itu warna ini sangat cocok untuk diterapkan di perkantoran atau ruang belajar.

Warna Cat Rumah Hijau Ruang Kantor atau Ruang Belajar Meningkatkan Daya Aksi dan Produktivitas

Warna Cat Rumah Hijau Ruang Kantor atau Ruang Belajar Meningkatkan Daya Aksi dan Produktivitas

Warna Hijau Sangat Cocok Digunakan Sebagai Ruang Kantor atau Ruang Belajar Karena Mampu Meningkatkan Daya Aksi dan Produktivitas

Sedangkan campuran biru dan hijau atau Turquoise, yang membawa energi kayu dan air, sangat cocok digunakan untuk warna kamar anak karena diyakini dapat meningkatkan kualitas tumbuh kembangnya baik secara spiritual kepada Tuhan maupun dalam belajar.

Warna Cat Rumah Biru Turquoise warna kamar anak meningkatkan kualitas tumbuh kembang spiritual

Warna Biru Turquoise sangat cocok digunakan untuk warna kamar anak karena diyakini dapat meningkatkan kualitas tumbuh kembang spiritual yang Baik

 

Warna Cat Rumah Merah

Warna merah merupakan warna yang berasosiasi dengan api dan dipercaya mampu meningkatkan energi positif bagi manusia. Warna merah dapat meningkatkan detak jantung dan melancarkan tekanan darah, meningkatkan tenaga dalam beraktivitas serta mengurangi depresi. Jika digunakan pada ruang makan, akan meningkatkan nafsu makan dan jika diterapkan di kamar tidur dapat meningkatkan cinta dan kasih sayang antar pasangan.

Warna Cat Merah Meningkatkan Energi dan Kasih Sayang

Warna Merah Sangat Baik untuk Meningkatkan Energi dan Kasih Sayang

Berhubung terlalu banyak warna merah bisa membuat energi yang keluar terlalu “panas” dan kurang relaks, terdapat campuran warna merah oranye atau kuning oranye yang serupa dengan warna daging ikan salmon. Warna ini mampu menampilkan keseimbangan antara unsur bumi dan api yang dapat meningkatkan perasaan rileks dan berkecukupan, meningkatkan kualitas pembicaraan dan meningkatkan hubungan. Sangat pas digunakan sebagai warna ruang tamu.

Warna Cat Rumah Salmon Mempererat Hubungan dan Melancarkan Pembicaraan, Warna Cat Ruang Tamu

Warna Salmon Diyakini Sangat Baik dalam Mempererat Hubungan dan Melancarkan Pembicaraan, Sehingga Sangat Cocok Digunakan Sebagai Warna Ruang Tamu

 

Warna Cat Rumah Kuning

Kuning berhubungan dengan energi bumi yang bisa memberi suasana kegembiraan, harapan dan meningkatkan kualitas mental menjadi lebih positif, stabil dan terpelihara. Warna ini dianggap mampu meningkatkan konsentrasi pada anak-anak yang menderita dyslexia atau disfungsi kemampuan belajar.

Warna Cat Rumah Kuning Sebagai Warna Penyemangat, Efek Ceria. Warna ini sering digunakan untuk membantu Anak Penderita Dyslexia Meningkatkan Fokusnya.

Warna Kuning Yang mewakili Unsur Bumi Sangat Cocok Sebagai Warna Penyemangat, Karena Memberi Efek Ceria. Warna ini sering digunakan untuk membantu Anak Penderita Dyslexia Meningkatkan Fokusnya.

 

Warna Cat Rumah Putih dan Abu-Abu Metalik

Warna ini berhubungan dengan energi metal yang dipercaya dapat meningkatkan fokus, kehati-hatian dan kesucian hati. Cocok juga diterapkan sebagai cat interior ruang kerja.

Warna Cat Rumah Putih Metalik Meningkatkan Kehati-hatian dan Konsentrasi

Warna Putih Metalik Bisa Meningkatkan Kehati-hatian dan Konsentrasi

Dapatkan informasi iklan rumah online hanya di Rumahku.com! Disini Anda akan memperoleh deretan listing iklan rumah murah yang sesuai dengan budget dan selera Anda. Jangan lupa pasang iklan jual rumah gratis tanpa biaya di Rumahku.com. Dijamin mudah dan praktis!

Sumber: Berbagai Sumber

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading