Solusi Lahan Sempit, Bikin Miniatur Taman Yuk!
13SHARE

Solusi Lahan Sempit, Bikin Miniatur Taman Yuk!

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kamar kos-kosan, pasti sulit sekali jika ingin membuat taman kecil untuk menyejukkan suasana sekitar. Hal ini dikarenakan sempitnya lahan untuk berkebun. Atau mungkin tidak adanya lahan yang bisa dipakai untuk menanam dan memelihara tanaman.

Salah satu solusi seperti membuat miniature taman bisa menjadi ide brilian dalam menyalurkan hobi meski lahan yang tersedia sangat terbatas.

Seperti gambar taman miniatur ini. Tentu proses pembuatannya memang tidak mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah cermat dalam memilih tanaman apa yang bisa tumbuh dengan baik pada lahan yang kecil. Jika ingin meletakkan miniatur taman tersebut didalam ruangan atau kamar, otomatis Anda wajib memilih tanaman yang tahan berada di dalam ruangan dan tidak butuh banyak sinar matahari.

Karena dikonsep melalui lahan yang kecil dan sempit, maka Anda harus rajin memangkas daun tanaman yang terlihat membesar. Karena jika tidak, miniature akan terlihat berantakan. Lalu perhatikan pula apakah lahan tempat Anda membuat miniature taman cukup untuk tumbuhnya akar tanaman secara optimal. Seperti pot, baskom, kaleng bekas, hingga bathtub yang tak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai wadah miniature garden. Pastikan agar tanaman data cukup tumbuh agar akar tanaman dapat bekerja optimal. Akibat jika tanaman tersebut tak dapat tumbuh dengan baik bisa disebabkan sempitnya lahan dan tentu tanaman bisa cepat layu dan mati.

Selain itu, karena biasanya miniatur taman ini terletak di dalam ruangan, otomatis tidak bisa mengandalkan air hujan untuk penyiramannya. Maka, jika ingin miniatur taman tetap terawat dan sehat, juga harus rajin menyiram tanaman. Pastikan agar tanaman tidak membusuk karena kelebihan air. Jadi siramlah tanaman menggunakan botol semprot untuk hasil terbaik.

Terakhir, jangan lupa siapkan beberapa hiasan seperti furnitur-furnitur kecil, seperti miniatur kursi, meja, burung dan lain-lain, untuk ditata di dalam miniatur taman. Hal ini agar miniatur taman terlihat semakin menarik dan lebih hidup.

 

Masih penasaran tentang bagaimana caranya membuat miniatur taman yang menarik? Lihat sedikit tutorialnya di video berikut :

 

Selamat berkreasi!

 

Sumber: miniaturegardenshoppe.com, dan Sumber lainnya.

Artikel Terkait

Komentar

Loading