Solusi Jitu Mengatur Letak Tangga Dalam Rumah

Solusi Jitu Mengatur Letak Tangga Dalam Rumah

Pada dasarnya tangga dibuat untuk sarana menghubungkan antara lantai bawah dengan lantai atasnya. Tidak sedikit diantara Anda yang bingung dalam menentukan tangga yang cocok untuk hunian. Ada pula yang datang kepada pakar interior hingga feng shui untuk mengatur tata letak hingga pemilihan model tangga. Rumah bukan hanya sebagai penghubung melainkan juga menambah nilai estetika rumah Anda.

Tangga

Salah satu kuncinya yaitu pada letak, bahan yang digunakan, ukuran tangga, ketinggian tangga, dan tentu hiasan disekitar tangga untuk nilai estetika. Usahakan agar letak tangga bisa dijangkau mudah dari sudut rumah sehingga pergerakan penghuni rumah juga dapat leluasa.

Jangan lupa untuk memperhatikan faktor cahaya dan pijakan. Dan hindari pemakaian bahan materil yang licin untuk anak tangga. Adapun ukuran lebar anak tangga minimal 23cm.  Bagi Anda yang menggunakan tangga permanen, alternatif tangga cor/semen bisa menjadi pilihan. Usahakan agar ukuran anak tangga tidak lebih dari 27cm agar tidak mudah lelah saat naik tangga, terutama jika terdapat anak-anak dan lansia didalam rumah karena akan berbahaya. Untuk panjang anak tangga tidak ada patokan khusus asalkan serasi dengan luas rumah. Usahakan pula bisa untuk simpangan dua orang.

Tangga

Ruangan kosong di bawah tangga bisa dimaksimalkan menjadi rak buku atau kabinet sepatu atau yang lain sesuai kebutuhan rumah. Hal ini sekaligus bisa menjadikan tampilan interior lebih eksotik dan rapi.

Hiasan juga bisa anda masukkan dalam desain tangga rumah. Anda bisa mulai dengan mengukir bagian tangga atau memberinya asesoris kecil pada sekitar dinding yang menempel pada tangga. Seperti foto frame, kata-kata bijak, hingga lukisan.

 

Sumber : Berbagai sumber

 

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading