Rumah Minimalis? Yuk Hadirkan Nuansa Pedesaan di Belakang Rumah

Rumah Minimalis? Yuk Hadirkan Nuansa Pedesaan di Belakang Rumah

Siapa bilang taman rumah hanya bisa diaplikasikan dibagian depan rumah? Bahkan rumah dengan desain dan lahan minimalis pun juga bisa aplikasikan “pedesaan” di bagian belakang rumah. Dengan sentuhan dan kelihaian, halaman yang berada di bagian belakang rumah tak terbuang sia-sia. Halaman belakang juga dapat dijadikan area yang menyuguhkan pemandangan segar, indah, serta menginspirasi.

Cobalah ambil sebuah konsep pedesaan pada area belakang rumah. Konsep ini dapat membuat penghuni atau tamu yang berada di belakang seakan terbawa ke suatu desa yang segar, asri, dan hijau. Jika masih terdapat area kosong, manfaatkan lahan tersebut untuk gazebo di bagian tengah atau di salah satu sisi yang membuat taman tersebut terlihat lebih penuh energi dan hidup.

Awali pembuatan taman belakang dengan memilih jenis tanaman yang akan ditanam. Mulai dari yang ditanam di tanah maupun di pot. Atur sedemikian rupa sesuai warna-warna tanaman agar telihat lebih teratur dan indah dipandang. Jika masih ragu untuk menata tanaman di area belakang rumah, gunakan jasa tukang tanaman untuk memberi gambaran agar area taman belakang menjadi lebih tertata dengan rapih. Jangan ketinggalan untuk membersihkan tanah disekitar dari kumpulan sampah dan atau barang yang mengganggu keindahan taman.

 

Suka dengan gazebo? Rumah konsep minimalis juga dapat menggunakan gazebo namun besar atau kecilnya gazebo disesuaikan dengan luas lahan. Untuk menghadirkan suasana pedesaan, pilih material kayu  atau bamboo pada gazebo. Agar si rumah mini gazebo tidak mudah keropos dan dimakan rayap, gunakan fondasi yang terbuat dari adukan semen dan pasir dengan komposisi yang ideal. Setelah kayu atau bambu berdiri kokoh, lengkapi dengan atap yang terdiri dari bahan alami seperti jiuk atau alang-alang. Karena sifat kayu dan bambu yang rentan terhadap air, usahakanlah agar atapnya dapat melindungi kayu dan air dan hujan yang terbawa angin. 

 

Tak ada salahnya mengkombinasi beberapa jenis tanaman agar tidak menghasilkan kesan monoton. Sementara area yang tidak tertutup tanaman bisa gunakan hamparan rumput hijau agar lebih memberi kesan pedesaan. Rumput mini, rumput gajah, dan rumput peking bisa menjadi pilihan untuk rumah Anda. Pilihlah sesuai selera dengan tetap mepmertimbangkan perawatan dan iklim yang sesuai. Dan untuk taman yang luas, kontur tanah bisa dibuat sedikit bergelombang untuk menampilkan kesan alami pedesaan yang natural.

 

Memiliki dana lebih? Aplikasikan bebatuan dan kolam ikan. Bebatuan yang memisahkan gazebo dan rumput akan menambah keindahan. Hadirkan kolam ikan dengan air terjun atau gemercik air yang bisa menciptakan suasana rileks. Terakhir, jangan lupa untuk menempatkan lampu taman agar keindahan taman tetap dapat dinikmati pada malam hari.

 

 

Sumber : Berbagai sumber 

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading