Pengalihan Dana Subsidi BBM

  • 24 Oct 2014

Harga BBM bersubsidi harus dinaikkan guna mengontrol pengeluaran subsidi negara. Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebelum dirinya dilantik menjadi Wakil Presiden baru-baru ini. Menurutnya kenaikan harga BBM tidak akan menimbulkan masalah jika ada penjelasan mengenai pengalihan dana subsidi.

Dibandingkan mempertahankan subsidi BBM yang terbukti malah dinikmati oleh kalangan mampu, akan lebih baik jika dana tersebut dialihkan ke sektor produktif. 

“Jika tidak dialihkan, maka ekonomi negeri ini bisa kolaps karena BBM dijual terlalu murah kepada kalangan menengah ke atas, atau ke orang yang seharusnya tidak perlu,” ujar JK seperti informasi yang diterima oleh Rumahku.com.

Pengalihan dana tersebut dengan catatan dialokasikan ke sektor yang mendorong ekonomi seperti pembangunan infrastruktur jalan, pelabuhan, dan fasilitas transportasi. Serta perbaikan sekolah rusak, dana pendidikan, dana kesehatan, dan penyediaan pupuk dan benih bagi petani. 

Sementara itu pengamat energi Umar Said menilai bahwa masyarakat Indonesia siap jika pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi asalkan manfaat yang direncanakan tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan dapat mendorong perekonomian nasional. 

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!