Pembangunan Proyek Monorel Jakarta Tidak Layak?

  • 18 Dec 2014

Kabar kelanjutan proyek monorel di Jakarta semakin tidak jelas nasibnya. PT Jakarta Monorail (JM) yang awalnya berkesempatan untuk membangun proyek tersebut malah dianggap tidak kompeten oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena gagal dalam memenuhi berbagai persyaratan yang diajukan. Untuk itu, Ahok pun sedang mencari pengembang pengganti JM. 

“Saya menolak mereka (PT Jakarta Monorail) karena secara teknis nggak bisa memenuhi (kemauan) kami. Kami sedang mencari pengembang yang benar-benar serius dan mampu mengerjakan monorel,” ujar Ahok, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Menanggapi ketidakjelasan nasib proyek monorel tersebut, Djoko Setijowarno, Pengamat Transportasi mengatakan bahwa ia tidak heran karena memang pembangunan monorel tersebut tidak layak dan lebih cocok di daerah wisata. Menurutnya, jika tetap dikerjakan di Jakarta, kemacetan tetap saja tidak bisa teratasi. 

Djoko menambahkan bahwa proyek monorel Jakarta yang hanya akan menjangkau daerah tengah kota kemungkinan akan sepi peminat dan rugi seperti yang pernah terjadi di Malaysia dan Australia. Untuk itu, jikalau ingin tetap dilanjutkan maka perencanaan pembangunannya harus diubah dengan menjangkau juga kawasan pinggiran. 

"Ada kemungkinan seperti itu (tidak laku), kecuali dia nggak di tengah kota. Orang bergerak dari pinggir kota, atau kawasan-kawasan permukiman. Kalau cuma muter-muter begitu saya kira kurang. Saya nggak tahu mereka gimana cari rute," ujar Djoko memberikan pendapatnya.