Pembangunan Mall Terbesar di Indonesia, Tunjungan Plaza, Siap Memasuki Tahap ke VI
Kawasan Tunjungan Plaza, Surabaya

Pembangunan Mall Terbesar di Indonesia, Tunjungan Plaza, Siap Memasuki Tahap ke VI

18 March 2013 / Berita Properti / () Komentar
Ditulis oleh

Anda tahu Tunjungan City yang mempunyai luas sekitar 7,4 hektar? Superblok yang meliputi kompleks hunian, perkantoran sekaligus pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia ini, berlokasi di Surabaya dimana didirikan dan dikembangkan oleh PT. Pakuwon Jati Tbk (PWON).

Tunjungan City, Superblok Surabaya yang dibangun Pakuwon Jati

Pakuwon sendiri kini tengah menyiapkan proyek baru, berupa proyek pembangunan mall Tunjungan Plaza yang sampai kini sedang akan merampungkan tahap pembangunan ke 5 menuju tahap pembangunan ke 6. Namun untuk pembangunan Tunjungan Plaza tahap 6 masih menunggu desain pastinya, sehingga belum bisa dibocorkan fasilitas apa saja yang akan tersedia pada Tunjungan Plaza ke 6 tersebut. Pengelola Pakuwon Jati juga belum mau membeberkan nilai investasi pengembangan Tunjungan City tahap 6, karena masih belum fixed, belum bisa diperkirakan.

Proyek PT Pakuwon Jati

Untuk Tunjungan Plaza 1 sampai 4 sendiri memiliki total luas yang akan disewakan sekitar 125.000 meter persegi. Namun, setelah tahap ke 5 dan 6 rampung, akan bertambah lagi sekitar 19.000 meter persegi dan 33.000 meter persegi untuk masing-masing tambahan Tunjungan Plaza.

Namun, menurut Direktur Pakuwon Jati, Stefanus Ridwan sendiri, yang penting dari sebuah proyek bukanlah luas melainkan tingkat okupansinya. Untuk Tunjungan Plaza, tingkat okupansi bisa mencapai sampai 97%. Bukan hanya memperluas pusat belanja, Pakuwon Jati juga berencana melengkapi Tunjungan City dengan fasilitas hunian seperti kondominium The Peak dan juga fasilitas perkantoran seperti Pakuwon Centre. Kedua proyek ini berdiri di atas Tunjungan Plaza 5. Pakuwon juga berencana untuk mendirikan hotel bintang empat di dalam area Tunjungan Plaza 4. Sedangkan untuk fasilitas yang sudah mulai beroperasi di Tunjungan City saat ini antara lain adalah kondominium Kondo Regensi, Perkantoran Menara Mandiri, dan Hotel bintang 5 yang telah dioperasikan oleh Sheraton.

Pakuwon Jati mengalokasikan belanja modal senilai Rp. 1,8 triliun rupiah. Modal tersebut akan digunakan untuk pengembangan tiga Superblok di Surabaya, yakni Pakuwon Indah, Tunjungan City, dan Pakuwon City. Pakuwon Jati juga tengah menargetkan pendapatan tahun ini bisa mencapai Rp. 3 triliun. Jumlah ini meningkat 67% dari estimasi pendapatan di tahun 2012 yang hanya senilai Rp. 1,8 triliun.

Kinerja Keuangan Pakuwon Jati

Persen Pemegang Saham Pakuwon Jati

Dapatkan iklan rumah dan apartemen disewakan terbaru hanya di Rumahku.com. Bagi Anda yang ingin jual properti secara cepat bisa pasang iklan jual rumah di Rumahku.com, secara gratis tanpa biaya apapun.

 

Sumber foto : kontan