Negara Paling Bebas Korupsi ?

Negara Paling Bebas Korupsi ?

Mungkin ada yang belum mengetahui Negara mana yang terbebas dari tindak korupsi, Negara tersebut ialah Negara “Selandia baru”. Selandia Baru adalah negara yang paling bebas korupsi sedangkan Somalia dan Korea Utara adalah negara paling korup.

Amerika Serikat menduduki peringkat ke-24 sebagai negara bebas korupsi. Sedangkan Kanada di peringkat 10, Bahama 921 dan Cili 22.

Secara keseluruhan peringkat atas negara yang memiliki korupsi paling rendah didominasi Eropa kecuali Selandia Baru di posisi pertama, Singapura (5) dan Australia yang berbagi posisi 8 dengan Swiss. Negara lain yang berada di posisi atas adalah Denmark, Finlandia, Swedia, Norwegia dan Belanda.

Organisasi pengamat korupsi yang berkantor pusat di Jerman, Tranparency International menyebutkan posisi paling bawah setelah Somalia dan Korea Utara di urutan 182, posisi selanjutnya adalah Myanmar, Afghanistan, Usbekistan, Turkmenistan, Sudan, Irak, Haiti dan Venezuela. Sedangkan Indonesia di urutan 100

Laporan yang disiapkan secara independen dan non partisan itu disusun berdasarkan penilaian dan survey bisnis yang dilakukan institusi yang memiliki reputasi.

Informasi yang dikumpulkan berdasarkan pertanyaan yang berhubungan dengan suap pada pejabat publik, proses pengadaan, penggunaan dana publik dan prakarsa memperkuat dan efektifitas anti korupsi.




 

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading