Mengenal Rumah Desain Minimalis Kontemporer
Desain Rumah Minimalis Kontemporer

Mengenal Rumah Desain Minimalis Kontemporer

15 April 2013 / Rumah Minimalis / () Komentar
Ditulis oleh

Memiliki rumah dengan ruang-ruang yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan merupakan impian semua orang. Apalagi jika rumah sudah di desain apik karena akan membuat penghuni semakin betah tinggal didalamnya. Berbicara mengenai desain, gaya minimalis sudah dikenal dan digandrungi pula oleh banyak orang. Bahkan banyak dijual rumah dengan konsep desain minimalis terkini yang bisa menjadi acuan kita dalam membuat desain. Minimalis berangkat dari segala sesuatu yang sederhana dan serba praktis namun tetap mengutamakan fungsi. Tapi tak ada salahnya pula jika kita ingin menghadirkan sentuhan baru dalam desain minimalis agar rumah lebih memiliki ciri khas dibandingkan dengan rumah lainnya.

Kini hadir pula berbagai nuansa desain rumah minimalis yang di modifikasi dengan gaya kontemporer. Jika membahas rumah desain minimalis, mungkin Anda sudah mengetahui beberapa hal utama yang menjadi ciri khas rumah tersebut. Istilah kontemporer sendiri sudah diterapkan pada salah satu dari sejumlah gaya arsitektur yang populer di tahun 1940 hingga 1970-an. Dikenal sebagai istilah arsitektur modern dimana sering ditandai oleh luas atap yang menggantung, balok atap yang di ekspos hingga atap pelana yang menghadap ke depan diatas tembok antara jendela. Kemudian mulai berkembang di abad ke-19 munculah arsitektur modern kontemporer dalam berbagai gaya dimana perhatiannya ditempatkan pada fungsionalisme, rasionalisme hingga konstruksi yang muncul di era yang lebih modern. Hal ini di kenal dengan istilah art deco, art modern, gaya kontemporer, gaya internasional, hingga arsitektur organik.

rumah minimalia

rumah desain minimalis kontemporer

Kontemporer lebih dikenal bersih, lembut, dan nyaman. Pengertian kontemporer sendiri bisa sebagai sesuatu karya yang hadir di masa sekarang artinya selalu diterima dari waktu ke waktu. Sementara desain interior kontemporer lebih lembut dari kamar modern minimalis dan menciptakan rasa hangat. Artinya sangat berbeda dengan desain klasik ataupun gaya Victoria. Jadi kita bisa menggabungkan desain minimalis dengan kontemporer sebagai perpaduan yang sempurna.  Dan berikut akan diulas lebih detail mengenai furniture yang bisa dipilih dari desain model minimalis kontemporer.

desain minimalis kontemporer

Ruang desain kontemporer mengutamakan kebersihan dan kenyamanan. Gunakanlah warna-warna yang lembut seperti putih, coklat, atau hijau untuk memberi kesan sejuk dan bersih.  Seperti pada contoh desain ruang minimalis kontemporer diatas. Dimana pemilihan furniture sofa berwarna putih dan diberikan warna kontras lewat bantal kursi berwarna hijau. Anda juga bisa menyatukannya dengan taman kecil di dalam rumah atau yang biasa disebut innercourt.

minimalis kontemporer

Setiap sudut pada desain ruang minimalis kontemporer berangkat dari hal yang netral dengan warna krem, coklat, abu-abu, putih yang dipilih sebagai warna latar belakang. Kunci utama desain interior kontemporer memang terletak pada aksen warna. Anda juga bisa menggunakan variasi dari warna karpet, dinding, tirai, dan lainnya. Pada ruangan yang sama dalam skema gambar di bawah, Anda bisa melihat hal yang kontras bukan?

rumah minimalis kontemporer

Warna bantal dan dekorasi diatas meja ruangan terlihat berwarna cerah dan kontras. Warna yang solid umumnya merupakan pilihan terbaik dalam ruangan kontemporer. Jika ingin menambahkan tekstur bunga dan beberapa aksen visual lain, gabungkanlah dengan kain yang memiliki kedalaman warna yang tak mencolok. Penggunaan warna putih membuat seluruh ruangan dalam ruang tersebut terlihat menyatu dan membuat tampilan menjadi lebih besar. Baik perabot, dinding, lantai, dan plafondnya dibuat seminimal mungkin dengan warna yang minimal juga.

Bagaimana dengan peran cahaya pada desain rumah minimalis kontemporer? Lampu-lampu pada desain ini biasanya ditonjolkan lewat kaca ataupun logam. Lampu juga bisa dipakai sebagai focal point dan titik fokus ruang yang dapat menarik perhatian. Secara total, interior desain rumah minimalis kontemporer ini cenderung trendi dan lebih modern. Gaya kontemporer tidak terlalu kaku namun bersih, rapih dan nyaman. Pas sekali jika dipadukan dengan gaya minimalis bukan? Anda tertarik mencoba desain rumah minimalis kontemporer ini? Selamat mencoba.

Temukan informasi seputar jual apartemen murah yang sesuai dengan lokasi pencarian Anda. Sekaligus pasang iklan rumah dijual gratis cuma di Rumahku.com situs jual beli properti terlengkap di Indonesia! Dijamin cepat laku!