Mendekorasi Interior Rumah Minimalis
0 SHARES

Mendekorasi Interior Rumah Minimalis

Interior rumah minimalis rasanya sudah umum dan masih terus diminati. Rumah minimalis sekarang juga sudah mulai berkembang dan memberikan sentuhan baru kontemporer. Namun rumah minimalis memerlukan penataan layout interior khusus. Penataan layoutnya sendiri mempertimbangkan sudut ruang agar tak terbuang percuma. Itulah sebabnya rumah minimalis kerap dikaitkan dengan hal yang fungsional. Prinsip penataan interior rumah minimalis juga harus efisien agar ruang terbatas dapat terlihat lebih lega dan luas. Pemilihan serta penataannya cenderung praktis tanpa banyak ornament dan pernik sehingga menampilkan kesan yang simpel. Material, pilihan warna, pencahayaan, elemen dekoratif akan mendukung gaya simpel minimalis dan memberi kenyamanan optimal bagi interior ruang yang terbatas. Lantas bagaimana sebaiknya menata interior rumah desain minimalis?

Interior Rumah Minimalis

 

Menata Interior Rumah Minimalis

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penataan interior rumah minimalis, yaitu :

  1. Dalam pemilihan bentuk furniture misalnya. Geometri tanpa ornament rumit dan mudah perawatannya bisa diaplikasikan karena memberi kesan lapang  pada ruang. Juga perlu di dukung dengan pilihan warna dan material furniture yang sesuai dengan tema interior ruang. Jika memungkinkan, bisa memanfaatkan furniture multifungsi. Misalnya, bagian bawah kursi yang bisa digunakan pula untuk tempat penyimpanan buku-buku atau sofa yang dirancang seperti tempat tidur.
     
  2. Pernak pernik sebagai pemanis ruang juga bisa menjadi pilihan namun tetap mengutamakan hal yang sederhana. Sesuaikan warna pernak pernik dengan tema ruangan, cat ruangan hingga harmoni sampai hal yang kontras. Pernak pernik yang dihadirkan dalam interior rumah minimalis cenderung seperti wall art, baik lukisan, foto, sampai karya grafis lainnya. Deretan lampu gantung juga ditampilkan secara estetis dengan mengatur komposisi dan tata letaknya.
     
  3. Perhatikan juga jalur sirkulasi yang efisien. Pemilihan jalur sirkulasi yang tepat harus disesuaikan dengan layout rumah secara total. Jalur sirkulasi linier atau segaris merupakan pilihan jalur sirkulasi yang hemat ruang pilihan jalur sirkulasi yang memusat lebih tepat untuk susunan ruang yang melingkar.
     
  4. Adakah ruang tersisa di dalam rumah Anda? Cobalah untuk memanfaatkan ruang sisa untuk storage atau tempat penyimpanan. Dengan ruang terbatas, tentu pemilik rumah akan dituntut untuk bisa memaksimalkan pengalokasian dan penyimpanan barang-barang sebaik mungkin agar tetap terlihat rapi dan simpel. Seperti misalnya, memanfaatkan ruang sisa dibawah furniture dibawah kursi, tempat tidur, meja untuk penyimpanan buku, majalah, dan lainnya. Atau ruang sisa pada bagian elemen interior seperti bawah tangga, sudut ruang, atau sekitar dinding yang polos. Bisa ditambahkan rak simpel minimalis.

Desain Interior Rumah

 

Desain Interior Rumah Minimalis

Desain interior rumah minimalis memang masih diminati hingga saat ini. Hal ini khususnya sebagai sebuah jawaban dari kebutuhan masyarakat yang memerlukan rumah sederhana tetapi bisa memiliki fungsi secara optimal. Konsep rumah minimalis memang banyak ditemui di perkotaan dimana lahan kota biasanya terbatas. Hal ini yang memunculkan sebuah kebutuhan akan rumah tinggal layak huni. Dan desain rumah minimalis ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat tersebut. Karena ruangan demi ruangan dalam rumah minimalis dapat difungsikan dengan maksimal.

Desain Interior Rumah Minimalis

Adapun pilihan membangun rumah berkonsep minimalis, banyak dilakukan oleh mereka yang awalnya tak memiliki lahan cukup luas. Dengan membangun rumah minimalis, maka keterbatasan lahan bisa diatasi sehingga kebutuhan akan ruangan yang memiliki fungsi optimal bisa terpenuhi. Terdapat beberapa jenis pilihan dalam membuat desain rumah minimalis.

Biasanya yang menjadi pilihan adalah dengan membuat rumah minimalis dua lantai. Dimana pada bangunan di lantai dasar, dimanfaatkan sebagai garasi serta ruang tamu. Selain itu, bisa pula dimanfaatkan sebagai dapur dan kamar mandi. Hal ini agar menjangkau jika tamu ingin ke kamar mandi. Sementara dapur akan lebih mudah di jangkau jika ingin membuat jamuan bagi tamu yang berkunjung. Untuk lantai atas atau kedua biasanya dimanfaatkan sebagai ruang keluarga dan kamar tidur. Dengan demikian, ruangan yang ada di setiap lantai bisa terlihat lebih longgar dan lapang sehingga bisa memenuhi kebutuhan. Siap menata interior rumah minimalis Anda? Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Berbagai sumber

 

Artikel Terkait

Komentar

Loading