Membuat Jemuran di rumah

  • 24 Apr 2014

Salah satu kesibukkan ibu rumah tangga adalah mencuci dan menjemur pakaian. Di Indonesia,aktifitas menjemur pakaian biasa dilakukan dengan cara yang berbeda dengan cara menjemur kebanyakan masyarakat di negara lain. Orang Indonesia justru lebih memilih membuat jemuran dengan idenya masing-masing. 

 

Tempat untuk menjemur pakaian memiliki bentuk yang beragam, tergantung dari kebutuhan dan jumlah pakaian yang akan dijemur. Ada bentuk yang sudah jadi dan ada yang harus dibuat sendiri. Meskipun dengan menggunakan material sederhana seperti tali dan paku, tempat jemuran sudah dapat diciptakan di rumah Anda. Yuk simak penjelasan berikut ini. 

 

  • Persiapan Peralatan
    Secara umum, kebanyakan bentuk jemuran sederhana hanya menggunakan sejenis tali yang diikatkan pada sebuah pohon atau pengait tertentu. Bentuk satu ini menjadi bentuk yang paling dimintai oleh para ibu rumah tangga karena akan lebih banyak jumlah pakaian yang dapat dijemur, dibandingkan harus menggunakan tempat jemuran yang sudah jadi dan dijual bebas. 

    Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan tali rafia atau kawat yang kuat guna menahan sejumlah pakaian basah yang akan dijemur. Jika di rumah sudah terdapat pengait tali jemuran seperti pohon maka tidak perlu menyiapkan peralatan tambahan. Namun jika tidak memungkinkan maka Anda perlu menambah bambu untuk pengait tali.

    Bentuk lain yang dapat Anda pilih adalah membuat tempat untuk menjemur pakaian dari bambu. Baik penyangga dan tali terbuat dari bambu. Sehingga nanti Anda akan membuat bentuk seperti tempat menjemur pakaian yang ada di pasaran.


     
  • Pemilihan Tempat Untuk Menjemur Pakaian
    Pastikan tempat untuk menjemur pakaian adalah halaman yang luas. Sehingga tidak akan mengganggu aktifitas dan membuat pakaian yang telah dicuci menjadi kotor kembali.

    Pilihlah halaman yang memang luas untuk tempat menjemur pakaian, sehingga nanti Anda dapat membuat beberapa buah tempat untuk menjemur pakaian. Perhatikan pula jangan terlalu tertutup oleh dedaunan pohon untuk menghindari pakaian yang Anda jemur terkena rontokan dedaunan atau debu dari pohon-pohon di sekitar tempat Anda menjemur pakaian. Tempat yang strategis untuk menjemur pakaian yang memiliki luas yang cukup dan sinar mentari dapat optimal menyinari pakaian yang Anda jemur.

     
  • Cara Mengait Tali
    Perhatikan dengan baik dalam mengaitkan tali untuk menjemur pakaian di pohon atau bambu jika Anda lebih memilih menggunakan tali. Kaitkan dengan kuat dan erat agar tidak mudah terputus saat digunakan untuk menjemur pakaian.

    Dalam mengaitkan tali maka perlu ditambahkan seutas kawat untuk mengencangkan tali tersebut jika Anda menggunakan tali rafia. Jika Anda sudah menggunakan tali kawat maka tidak perlu lagi menambahkan seutas kawat.

     
  • Bentuk Dari Bambu
    Tempat untuk menjemur pakaian dari bambu sedikit lebih sulit dibanding dengan sekedar mengaitkan tali-tali yang ada. Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk membuat tempat menjemur pakaian ini. Bentuklah seperti tempat untuk menjemur pakaian yang terbuat dari besi. Dengan beberapa bambu yang terpasang di atas sehingga nanti pakaian-pakaian yang akan Anda jemur dapat dijemur menggunakan hanger atau langsung.