Malaysia dan Singapura Punya Gedung Kembar. Indonesia Juga (Akan) Punya!

Malaysia dan Singapura Punya Gedung Kembar. Indonesia Juga (Akan) Punya!

Ditengah maraknya pembangunan gedung tinggi di berbagai belahan dunia seperti di Dubai, China, London, dan sebagainya membuat berbagai negara di Asia Tenggara tak mau ketinggalan. Seperti di Malaysia misalnya terdapat Petronas Tower yang telah menjadi salah satu bangunan tinggi di dunia sejak 1998-2004. Petronas tower dirancang oleh Cesar Pelli dan berdiri sebagai ikon budaya dan arsitektur di Kuala Lumpur, Malaysia. Menara Petronas ini tak hanya diakui untuk ketinggian bangunan saja tetapi juga atas upaya Pelli untuk menggabungkan motif islam dengan symbol-simbol ke dalam desainnya.

Tak jauh dari Malaysia, masih dekat pula dengan Indonesia. Ialah Singapura yang kabarnya akan membangun menara kembar baru dengan konstruksi yang dimulai pada 2013. Gedung tersebut diprediksi rampung pada 2017. Menara yang diberi nama DUO towers ini di rancang untuk M+S Pte Ltd dan rencananya akan digunakan sebagai hotel berbintang lima, ruang serbaguna, tempat tinggal, ritel, perkantoran, dan koneksi dengan stasiun MRT Bugis Junction. Menara ini berpola seperti jaringan heksagonal untuk memperkuat bentuk dinamis dan memberi perlindungan dari panas.

Bagaimana dengan Indonesia? Sebagaimana yang dikabarkan sebelumnya, Pertamina berencana akan membangun Pertamina Tower. Bangunan ini direncanakan akan berdiri setinggi lebih dari 430 meter dan kabarnya akan menjadi ciri khas Indonesia selain Signature Tower. Pertamina Tower direncanakan memakan waktu konstruksi 18 hingga 24 bulan. Kabarnya, kemungkinan arsitektur atau bentuk fisik gedung ini disebut-sebut akan berupa twin tower (menara kembar).

Sementara rencana pembangunan gedung pencakar langit milik PT.Pertamina atau Pertamina tower ini mendapat dukungan penuh dari Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono. Dirut Pertamina, Karen Agustiawan dikutip melalui detikfinance menyatakan,”Sesuai arahan Presiden SBY, presiden meminta penyelesaian proyek ini selama 18 bulan,”

Pertamina tower direncanakan dibangun di kawasan Rasunda Said, Kuningan, Jakarta Selatan dan akan terdapat lebih kurang 80 lantai. Selain nantinya akan menjadi pusat bisnis, juga akan digunakan sebagai pameran dan berbagai acara lainnya.

 


Sumber : Berbagai sumber

 

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading