Lahan Sempit Mau Desain Kolam? Contek Ini!

Lahan Sempit Mau Desain Kolam? Contek Ini!

09 February 2013 / Eksterior / () Komentar
Ditulis oleh

Kolam dalam sebuah hunian hadir untuk melengkapi keindahan eksterior rumah secara keseluruhan. Selain dapat membawa nuansa segar, kolam juga dapat membuat tampilan rumah lebih apik. Kolam biasanya dibuat diberbagai spot di sekitar rumah misalnya di depan rumah, samping, belakang bahkan ada yang menempatkan kolam di bagian interior rumah.

Namun bentuk kolam memang beragam seperti berbentuk lingkaran, persegi dan bahkan ada pula yang tak beraturan. Jika Anda memiliki lahan terbatas, lantas apa desain kolam yang pas dan cocok diterapkan pada hunian? Coba ide Rumahku berikut :

Kolam Ikan Minimalis

Kolam jenis minimalis, berbentuk persegi dengan desain yang simpel, kolam jenis ini terkenal dengan sebutan kolam minimalis, mengikuti tren desain arsitektur. Sebagai pelengkap estetika, biasanya digunakan pot-pot berbahan batu alam dengan desain senada.  Kolam minimalis bisa ditempatkan di eksterior maupun interior rumah.

Kolam parit, kolam jenis ini bentuknya kecil dan memanjang seperti parit. Kolam jenis ini sangat cocok untuk halaman sempit. Misalnya di sekitar teras, mengelilingi teras atau di pinggir sekeliling rumah. Untuk mempermanis, tempatkan batu-batu koral di sepanjang pinggir kolam parit. Apapun pilihan kolam Anda, yang terpenting adalah sediakan pompa untuk menggerakkan airnya.

Kolam Ikan

Kolam Ikan

Kolam batu bersusun, sangat cocok ditempatkan di halaman yang kurang luas karena pembuatannya bisa ditentukan sesuai ukuran lahan. Bentuknya menyerupai batu karang, yang dipadu dengan tanaman pilihan. Gemericik aliran air dari susunan batu karangnya memberi kesan suasana alami yang kuat.

Untuk melengkapi desain kolam Anda, tambahkan ikan, tanaman di dalam pot sebagai sentuhan estetika. Agar batu-batu di sekitar kolam bebas dari lumut. sebaiknya Anda beri pelapis khusus untuk batu alam untuk kolam serta ornamen-ornamen yang terbuat dari batu alam. Dengan begitu, kolam dengan lahan sempit tetap bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Ingin coba?

 

Sumber : Berbagai sumber