Kumpulan Danau Paling Juara di Indonesia
Kumpulan Danau Paling Juara di Indonesia

Kumpulan Danau Paling Juara di Indonesia

25 March 2013 / Showbiz / () Komentar
Ditulis oleh

Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke dimana menyajikan pemandangan alam nan hijau yang menakjubkan. Namun dari kian banyaknya danau di seluruh penjuru Indonesia, terdapat lima danau yang bisa menjadi destinasi menarik Anda dan tentunya kelima danau tersebut sudah masuk dalam kategori layak untuk jadi tujuan para wisatawan lokal bahkan internasional.

 

Danau Toba, Sumatera Utara

Dari pulau Sumatera, Danau Toba menjadi juara. Danau Toba ini memiliki pulau Samosir dan kebudayaan tanah Batak yang kental.

 

Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak[1] di dekat Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman.Danau Singkarak juga terkenal karena event sepeda (Tour de Singkarak), tapi danaunya juga seperti laut, luas dan sangat biru. 

 

Danau Poso, Sulawesi Tengah

Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau Poso merupakan salah satu Danau terindah di dunia dengan Pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di Dasar Danau.

 

Danau Sentani, Papua

Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.

 

Danau Tondano, Manado

Danau Tondano adalah danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Dilingkari dengan jalan provinsi dan menghubungkan kota Tondano,Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar seperti ikan mujair, pior/kabos, payangka wiko (udang kecil), nikesepat siang(arwana), tawes, pongkor, bontayan, lobster hitam, gurame kupu-kupu, karper.



Sumber : Berbagai sumber