Kota Mandiri Maja Mandek, Perumnas Bangun Perumahan 400 Hektar
2 SHARES

Kota Mandiri Maja Mandek, Perumnas Bangun Perumahan 400 Hektar

Pembangunan kota mandiri baru Maja, Lebak, Banten hingga saat ini masih mandek. Namun Perum Perumnas siap membangun kawasan residential seluas 400 hektar. Namun, ada syarat tertentu.
 
"Program Maja ini adalah program pemerintah sejak tahun 1998. Kita siap bangun di sana dalam bentuk residential sangat bisa karena kita punya lahan di sana 400 hektar. Tetapi harus jadi dulu konsep kota mandirinya," ujar Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto.
 
Arief mengaku, tak berjalannya pembangunan Kota Maja lantaran belum maksimalnya peranan pemerintah. Sarana dan prasarana, konsep serta infrastruktur juga termasuk di dalamnya. Menurutnya Pemerintah belum menyiapkan secara matang.
 
"Pemerintah belum memaksimalkan seperti penyediaan infrastruktur, jadi konsep itu seperti apa juga belum jelas, kota mandiri seperti kota industri tertentu juga bagaiman. Jadi harus ada triger dan perencanaan seperti universitas yang banyak di sana atau dibangun cyber city. Kota mandirinya harus di tonjolkan," tuturnya.
 
Tidak hanya Perumnas, pengembang lain juga siap membangun unit hunian jika Kota Mandiri Maja rampung. Oleh sebab itu Arief meminta Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk segera menata ulang dan merancang serta mulai membangun kota mandiri Maja.
 
"Dari sana akan ada dampak pembangunan hunian juga rancangan total. Banyak pengembang lainnya juga punya lahan di sana. Ini harus di koordinir oleh kementerian (Kemenpera) dan segera harus dilakukan," ungkapnya.
 

Artikel Terkait

Komentar

Loading