Ini Dia Tips Memilih Peralatan Rumah Tangga Sesuai Kebutuhan!

Ini Dia Tips Memilih Peralatan Rumah Tangga Sesuai Kebutuhan!

Berkunjung ke toko elektronik memang sering menimbulkan kebimbangan tersendiri bagi kita. Seringkali kita ingin membeli sebuah lemari es yang sesuai dengan budget atau anggaran kita, tapi ternyata setelah melihat model terbaru yang rasanya lebih menarik dan cantik kita tergoda untuk membelinya tanpa memperhatikan kemampuan finansial. Ternyata setelah sampai di rumah, kulkas Anda ternyata terlalu besar dan tidak muat diletakkan di bagian rumah yang direncanakan. Segala rencana awal berantakan hanya karena godaan sesaat.

Kesalahan itulah yang mungkin sering Anda alami ketika membeli perabot rumah tangga. Oleh karena itu ini dia tips yang bisa membantu Anda untuk membeli perabot rumah tangga sesuai kebutuhan dan keadaan ruangan.

Perhatikan Ukuran dan skala

Kenali betul luas dapur yang dimiliki. Ruangan yang sempit dapat memanfaatkan lemari es berukuran lebar sekitar 55cm atau cukup menggunakan kulkas mini. Jangan beli kulkas yang bisa dibuka dari 4 arah kalau justru mengganggu gerak dan aktivitas Anda di dapur.

Jika ingin membeli kompor, pilih kompor yang punya dua tungku saja jika memang itu yang dibutuhkan. Kalau Anda mempunyai dapur yang panjang, boleh pilih kompor  yang ramping dan punya 4 tungku dalam 1 deret. Kalau dapur Anda luas boleh juga pilih yang dilengkapi oven. Tapi ingat, tetap sesuaikan dengan budget yang Anda miliki! Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk membeli perabotan yang terlalu mahal.

Efisien dan Ringkas

Selain berorientasi pada ukuran, periksa juga fungsinya. Pilih perkakas yang berguna dan berfungsi bagi aktivitas keseharian Anda, serta efisien atau tak banyak makan tempat. Misal, jangan membeli mesin toaster atau pemanggang roti jika Anda tidak pernah makan roti panggang.  Jika Anda sudah punya oven yang bisa digunakan untuk memanggang, bisa juga menggunakan oven untuk memanggang roti tanpa harus membeli toaster lagi. Dan ingat, jangan pilih benda-benda yang terlalu besar dan tidak muat diletakkan di rumah Anda.

Multifungsi

Jika rumah Anda mungil, Anda akan sangat terbantu dengan hadirnya satu perkakas yang punya banyak fungsi. Misal, mesin cuci sekaligus pengering dapat menghemat tempat cuci pakaian. Oven yang sekaligus bisa gunakan sebagai toaster, membuat Anda tidak perlu membeli toaster terpisah, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, dengan membeli benda-benda multifungsi Anda akan sangat terbantu dalam menghemat pengeluaran serta menghemat ruang kosong di rumah Anda.

Sumber: Harian Kompas Klasika

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading