Ini Dia Tips Membangun Jalan Setapak Cantik di Taman Anda!

Ini Dia Tips Membangun Jalan Setapak Cantik di Taman Anda!

Jika Anda punya halaman depan atau belakang yang terlihat sepi karena tidak adanya unsur dekorasi cantik selain tanam-tanaman, Anda bisa mencoba untuk membangun paving atau jalan setapak dari batu yang juga bisa digunakan sebagai tempat berjalan-jalan supaya kaki Anda tidak menginjak rumput yang nantinya akan merusak pertumbuhannya dan menyebabkan taman Anda menjadi “botak”.  

Oleh karena itu untuk memberikan perlindungan pada taman Anda sekaligus memberikan suasana dan karakter natural yang cantik, bangun saja jalan setapak yang terbuat dari bahan batu alam atau semen.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun jalan berbatu dengan cara mudah dan praktis!

Buat Rancangan Desainnya

Beberapa orang menginginkan bentuk jalan batu yang berkelok-kelok, sedangkan yang lain ingin jalan berbatunya punya bentuk yang lurus dan tegas. Putuskan bentuk jalan secara keseluruhan yang Anda inginkan sehingga Anda bisa memperkirakan luas yang dibutuhkan dan menyesuaikan ukuran desain jalan yang diinginkan. Buat saja desainnya pada kertas disertai rincian ukuran dan bentuk. Pada tahap ini Anda juga bisa mulai memperkirakan material apa saja yang harus dibeli dan jumlah dana yang dibutuhkan.

Pilih Style yang Diinginkan

Anda mungkin menginginkan jalan setapak solid yang kuat dan tidak bisa dipindah-pindahkan atau mungkin Anda hanya ingin menanam batu-batu injakan (stepping stone) yang tidak butuh bantuan semen sebagai penguat. Mungkin juga Anda ingin memasang deretan potongan besar batu alam dengan teksturnya yang alami, atau hanya ingin membuat jalan setapak yang terdiri atas batu-batu kecil. Pilih style jalan yang sesuai selera dan pastikan jumlah material yang Anda siapkan bisa mengcover keseluruhan space.

Buat Layoutnya

Putuskan dimana saja material seperti batu akan ditempatkan. Jika Anda menginginkan sentuhan rumput di sela-sela jalan berbatu, coba buat layout yang pas dengan menggunakan penanda pada tempat-tempat rumput akan ditanam. Anda bisa memakai penanda dari batu kecil atau buat garis yang Anda buat di tanah menggunakan sekop.

Bersihkan Area yang ingin Dijadikan Jalan Setapak

Setelah selesai membuat layout yang dibutuhkan pada area yang akan dibuat jalan setapak, mulai bersihkan area tersebut dari rumput-rumput atau batu-batu kecil yang masih terdapat di area itu. Setelah bersih Anda bisa memulai melakukan proyek pembuatan jalan di taman Anda.

Jika Taman Anda terlalu besar, sebaiknya pakai saja jasa ahli pembuatan dan penataan taman. Hal ini dikarenakan membuat jalan setapak sendiri akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Setidaknya dengan membayar tenaga ahli Anda hanya perlu memberikan desain dan menunggu hasil pekerjaan mereka selesai dengan sempurna.

Bagaimana? Tertarik membuat jalan setapak di taman Anda?

Sumber: decoist.com

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading