Ini Alasan Jakarta Disebut Sebagai Kota Terburuk di Indonesia

  • 06 Jul 2022

Jakarta disebut sebagai kota terburuk di Indonesia oleh Ketua Pusat Studi Urban dan Desain (PSUD), Mohammad Danisworo. Menurut Danisworo, walau menyandang predikat sebagai ibu kota negara Indonesia, kota Jakarta memiliki banyak cacat secara tata letak, dan sebagainya.

“Semua serba kacau, semrawut dan serampangan. Jakarta menjadi tidak berfungsi dilihat dari segi itu. Pendek kata kualitas fungsi kotanya buruk. Kualitas hidup penduduknya jangan ditanya,” ujar Danisworo, seperti informasi yang dirangkum Rumahku.com.

Danisworo menambahkan, keadaan jalanan Jakarta bahkan menjadi salah satu yang terparah di dunia. Untuk menempuh jarak sepanjang 5 kilometer saja, membutuhkan waktu hingga 2 jam lamanya pada hari-hari kerja. Bahkan untuk hal-hal yang kecil saja seperti penunjuk jalan, tempat sampah dan taman, Jakarta ia anggap tidak mampu mengakomodasinya dengan baik.

Hal lain yang turut disorot oleh Danisworo adalah mengenai tata kelola kota dan lingkungan Jakarta. Dua faktor ini dipandang menjadi sangat penting karena menyangkut keberlanjutan pengembangan kota termasuk aktivitas fisik warganya.

Meski begitu Danisworo mengatakan, langkah Pemprov DKI Jakarta dengan mempercepat mass rapid transit (MRT) patut diapresiasi, walaupun pembangunan sarana transportasi ini terbilang sangat terlambat dibandingkan dengan kota-kota lain di dunia. Pasalnya, Jakarta tidak mendahulukan pembangunan sarana transit, dan sibuk dengan hal-hal yang kurang penting.

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga,GRATIS di Rumahku.com!