Dekorasi Interior Rumah Mungil Minimalis
3 SHARES

Dekorasi Interior Rumah Mungil Minimalis

Berbicara mengenai kata “minimalis”, beberapa ilmu arsitektur tak mengenal kata tersebut. Namun, masyarakat terlanjur menganggap bahwa jika bangunan desain lurus dan sederhana merupkan bagian dari desain minimalis.  Apapun istilah yang dipakai dalam bentuk desain ini, yang terpenting adalah bahwa bentuk desain ini kini telah menjadi cirri khas sebuah desain bangunan baru. Sama halnya dengan interior rumah mungil minimalis yang kini juga banyak digemari. Desain minimalis seolah menjadikan rumah mungil tampak lebih luas dan lapang.

Rumah adalah salah satu bentuk impian yang ingin diwujudkan oleh semua orang. Seseorang yang telah memiliki rumah kecil pun tentu akan sangat bahagia karena itu merupakan rumah sendiri. Rumah menjadi sebuah kebutuhan primer yang tak bisa diubah. Maka tak heran bila rumah mungil dengan biaya murah kini diserbu oleh masyarakat. Umumnya terdapat rumah dijual murah seharga 70jutaan berukuran tipe 21 atau tipe 27 dan tipe36. Desain rumah minimalis ini dibuat sedikit lebih bagus dengan cat warna warni. Halaman depan dan belakang tentunya kecil dan terbatas bahkan ukuran tamannya saja minimalis.

Dipandang dari sudut manapun, rumah bergaya minimalis ini tetap indah. Ditambah lagi dengan nuansa kombinasi cat yang menarik. Meski ukurannya mungil, tak mengurangi keindahan serta kualitas dari rumah tersebut. Bahkan memiliki beberapa keistimewaan. Salah satunya mudah di tata, di rawat, dan asri.

Bila Anda telah terpikir untuk tinggal di rumah mungil, berarti perlu memperhatikan berbagai perabotan yang akan digunakan dalam rumah interior minimalis. Carilah perabotan yang multifungsi dan bisa menjadi tempat penyimpanan barang tanpa harus berantakan dan penuh sesak dengan storage atau tempat penyimpanan. Jika rumah Anda saat ini bertipe 21, gunakan sofa yang bisa di lipat dan berfungsi sebagai tempat tidur. Selain menghemat tempat, ruangan akan terlihat lebih lega dan supply udara yang keluar masuk lewat ventilasi juga lebih mudah.

Peredaran udara yang banyak akan membuat tingkat kesehatan penghuni rumah semakin baik. Hal ini sangat penting karena kesehatan yang tidak baik akan mempengaruhi kualitas hidup. Kesehatan yang terganggu akan membuat kebahagiaan terganggu. Rumah yang mungil akan terasa sangat sumpek ketika adalah salah satu anggota keluarga yang sakit. Tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit akan menular ke anggota keluarga lain. Rumah yang mungil itu memang akan sangat memungkinkan penularan penyakit. Ventilasi yang cukup lebar juga sangat dibutuhkan agar udara bisa masuk dan keluar dengan leluasa. Perabotan diusahakan yang mempunyai banyak fungsi. Meja makan yang bisa dilipat sehingga kalau tidak dipakai, malah bisa menjadi penghias dinding alias dekorasi. Membuat desain rumah mungil minimalis memang sangat menantang.

Mari kita ulas sekilas mengenai keindahan interior rumah minimalis yang bisa menjadi referensi Anda dalam mendekorasi rumah mungil minimalis. 

Kamar Tidur Minimalis

Kamar tidur dengan nuansa minimalis bukan hanya menampilkan segi fungsional tapi juga perlu memperhatikan pencahayaan. Mengingat ruang yang dibuat terbatas jadi penataan ventilasi juga pencahayaan buatan seperti lampu harus seimbang. Hal ini agar tidak terkesan berlebihan. Sudut ruang bisa dijadikan spot menarik untuk menyimpan lampu pada kamar tidur. Agar kualitas tidur tidak terganggu, letakkan lampu di sudut yang tak langsung terkena pandangan mata. 

 

Ruang Tidur Minimalis Dengan Aksen Bantal Ungu Nan Manis

Pada kamar minimalis ini lebih mengutamakan fungsi ventilasi jendela dengan bukaan besar. Bisa pula sejukan kamar dengan ventilasi silang. Warna netral putih pada dinding juga memberi kesan yang luas. Penggunaan lemari cabinet dan tempat tidur sangat pas dan tidak memberi kesan penuh pada kamar tidur bergaya minimalis.

 

Aksen Tanaman Hijau Pada Ruang Tidur Minimalis

Selain mengenal minimalis lewat fungsional, pencahayaan, dan warna pada ruang, desain interior minimalis pada kamar tidur juga memerlukan dekorasi berbeda. Anda bisa menyimpan tanaman buatan di dalam kamar sebagai pelengkap dekorasi agar tak terlalu monoton.

 

Gaya minimalis juga bisa diaplikasikan pada ruang keluarga. Seperti pada inspirasi gambar interior rumah minimalis berikut :

Ruang Keluarga Minimalis

Sudah umum jika minimalis di dominasi oleh warna netral seperti putih dan abu-abu. Namun Anda juga bisa memadukan unsur black and white nan elegan pada ruang keluarga interior minimalis rumah. Taruh beberapa pelengkap dekor seperti rak buku yang dibuat tak biasa. Anda juga bisa meminta jasa tukang untuk hal tersebut agar di sesuaikan dengan tema ruang keluarga.

Ruang Keluarga Simpel dan Bersih Lewat Sentuhan Minimalis

Gambar 1

 

Perpaduan Ungu, Hitam dan Putih Memberi Nuansa Minimalis Yang Tidak Kaku Pada Ruang

Gambar 2

Tak melulu terpaku dengan warna hitam juga abu-abu, interior rumah minimalis juga terlihat cantik dipadu dengan warna lain seperti contoh ruang keluarga pada Gambar 1. Aksen hijau dihadirkan lewat bantal dan tanaman yang memberi nuansa kontras tapi tidak berlebihan. Sementara pada Gambar 2 menghadirkan soft purple pada dinding dan di buat kontras lewat furniture sofa. Tambahkan sedikit lukisan pada dinding ruang keluarga agar tak berkesan kaku.  

Ruang tidur, ruang keluarga sudah lengkap dengan gaya minimalis. Masih ingin mengaplikasikannya pada kamar mandi? Berikut ulasannya :

Minimalis selalu dikaitkan dengan kaku atau monoton karena dekorasi, warna, dan furniture yang hanya dibatasi oleh fungsi. Namun kita juga masih bisa berkreasi didalamnya. Seperti memberi nuansa berbeda pada ruang pribadi yakni kamar mandi. Apa yang ada dalam benak Anda saat melihat ide dekorasi kamar mandi minimalis seperti gambar di bawah ini?

Kamar Mandi Minimalis

Minimalist bathroom with natural sensation menjadi hal pertama yang terlintas dalam kamar mandi ini. Perpaduan hijau dengan penataan cahaya lampu kecil di beberapa sudut memberi nuansa manis dan segar. Furniture putih dan dinding coklat semakin menjadikan kamar mandi penuh dengan sensasi yang alami. Bagaimana menurut Anda? Siap mendekorasi interior rumah minimalis?

Informasi mengenai iklan rumah gratis atau rumah dijual murah dapat ditemukan di portal jual beli properti Rumahku.com atau informasi apartemen murah hingga sewa apartemen disajikan lengkap! Hanya di Rumahku.com

 

Sumber : Berbagai sumber

Artikel Terkait

Komentar

Loading