Dapatkan 6 Manfaat Dalam Aktifitas Berkebun
73SHARE

Dapatkan 6 Manfaat Dalam Aktifitas Berkebun

Berkebun merupakan sebuah kegiatan yang menitikberatkan pada proses bercocok tanam. Kegiatan berkebun ini bisa menjadi sebuah kegiatan atau hobi bagi Anda yang memiliki waktu senggang. Tak jarang, bagi yang hobi berkebun, aktifitas ini seolah begitu menyenangkan dan tak boleh terlewatkan. Berkebun bisa dilakukan siapa saja mulai dari pria maupun wanita. Selain sebagai kegiatan yang bermanfaat, melalui berkebun kita juga bisa menghasilkan buah-buahan atau sayuran yang bisa dikonsumsi langsung tanpa harus membeli. Selain itu, aktifitas berkebun bisa dilakukan di mana saja. Bila Anda memiliki lahan kosong di depan rumah atau di halaman belakang rumah, bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk perkebunan. Berikut adalah 7 manfaat berkebun :

Mengenal Alam

Saat tangan kotor akibat tanah disinilah awal mula Anda mengenal alam. Langkah awal, pilih tanaman yang akan ditanam di kebun. Pastikan pula agar tanaman yang ditanam cocok dengan iklim tropis lingkungan. Saat sudah menemukan tanaman yang cocok, Anda bisa memulai untuk belajar merawat tanaman seperti kapan waktu menyiram tanaman, berapa banyak kebutuhan cahaya matahari, hingga perlakuan khusus lainnya seperti rutin memberi pupuk. Keahlian Anda dalam berkebun akan terus bertambah seiring dengan waktu Anda yang menekuni dunia berkebun tersebut.

Dampak Positif Bagi Kesehatan

Berkebun selayaknya olahraga karena berkebun menuntut aktifitas tubuh yang maksimal. Dengan berkebun, tubuh juga akan membakar kalori sehingga baik bagi kesehatan tubuh. Saat berkebun, Anda tentu akan melakukan aktifitas seperti memotong rumput, memangkas tanaman, menanam bunga, menyiram tanaman, hingga memberi pupuk. Dengan berkebun tubuh akan membakar sekitar 280 kalori hingga 380 kalori per jam.

Menciptakan Lingkungan Sehat

Ketika tanaman mulai tumbuh, Anda menciptakan sebuah lingkungan baru bagi makhluk hidup di sekitar. Anda juga turut membantu mengurangi emisi buang karbondioksida. Dengan hadirnya makhluk hidup berupa tanaman di sekitar halaman depan maupun belakang rumah, akan menambah asri dan sejuk hunian Anda.

berkebun

Hemat Biaya

Modal bertani dan berkebun akan segera kembali saat Anda melakukan masa panen di awal. Hasil panen dari berkebun ini bisa mengurangi pengeluaran dari pos makanan sehingga menghemat biaya pengeluaran. Usaha berkebun bisa menjadikan Anda seorang petani yang sukses karena bisa memenuhi kebutuhan sayur dan buah keluarga. Ini tentu akan mempengaruhi cost belanja sayur mayur dan buah Anda sehari-hari.

Menurunkan Stres

Anda disibukan dengan rutinitas yang padat tanpa henti? Cobalah untuk berkebun. Berkebun dapat menurunkan tingkat stress yang dialami seseorang. Itulah sebabnya usahakan agar bisa menyisihkan akhir pekan Anda dengan berkebun untuk menghilangkan stress. Bagi yang memiliki gangguan psikologis, berkebun menjadi salah satu kegiatan yang bisa jadi terapi. Karena dengan berkebun, Anda bisa merasa tenang dan nyaman. Bahkan kegiatan merawat bunga dan berkebun bisa membantu seseorang memperoleh rasa percaya diri.

Memperpanjang Umur

Dengan berkebun, memberi dampak positif terhadap kesehatan, stabil dan pikiran menjadi lebih tenang. Ini pula yang berpengaruh terhadap usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup lebih lama bila dibandingkan dengan mereka yang tak menyukai kegiatan berkebun.

Murah atau mahal bukan menjadi hal utama dalam berkebun. Sesuaikan kontur tanah dan lingkungan sekitar rumah, memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah juga bisa menjadi solusi mudah untuk membuat aktifitas berkebun terasa menyenangkan. Jika perlu, masukan aktifitas berkebun mingguan bersama keluarga. menyenangkan bukan? 

Ingin info dijual rumah sampai jual apartemen murah sesuai lokasi yang di inginkan? Silahkan kunjungi situs Rumahku.com sekaligus pasang iklan rumah dijual secara gratis hanya di Rumahku.com situs media properti online yang paling mengerti Anda.

Artikel Terkait

Komentar

Loading