Cermat Pilah Pilih Plafon Untuk Hunian

Cermat Pilah Pilih Plafon Untuk Hunian

Plafon secara definisi merupakan daerah pembatas antara atap dan ruangan di bawahnya. Ketinggiannya berkisar antara 2,80 meter sampai 3,80 meter. Fungsi utama plafon adalah untuk menjaga kondisi suhu di dalam ruangan akibat sinar matahari yang menyinari atap rumah dan melindungi ruangan rumah dari rembesan air yang masuk dari atas atap. Fungsi utama plafon tak hanya mengakomodasi fungsi utama. Akan tetapi, berbagai jenis dan desain plafon dirancang sedemikian rupa sebagai pemberi kesan estetika pada ruangan. Baiknya sebelum memilih model dan bahan dasar plafon rumah yang akan digunakan, Anda bisa mengenali lebih dulu perihal kelemahan dan kelebihan dari tiap jenis plafon.

Plafon Triplek

Plafon berbahan triplek umumnya sering dipakai pada ruang keluarga, kamar tidur, dan lainnya. Ukuran triplek yang ada dipasaran adalah 122 X 244 cm dengan ketebalan 3 mm, 4 mm, dan 6 mm. untuk plafon triplek ini banyak ditemukan dan harganya relatif murah. Bahan yang ringan memudahkan pengguna dalam perbaikan apabila terjadi kerusakan untuk menggantinya. Kelemahannya yaitu tidak tahan terhadap api sehingga mudah terbakar dan rusak jika terkena air atau rembesan.

Plafon Fiber

Saat ini plafon fiber sudah banyak digunakan. Dalam aplikasi untuk plafon rumah menggunakan papan GRC (Glassfiber Reinforced Cement Board), yaitu bahan komposit yang terdiri dari campuran semen dengan pasir. Keunggulan plafon GRC tahan terhadap api dan air, lebih kuat, ringan, dan luwes. Proses pengerjaan sendiri terbilang cukup mudah. Kelemahannya tak jauh berbeda dengan asbes atau plafon internit tak tahan benturan.

Plafon Asbes atau Eternit

Dalam pasaran ukuran plafon ini adalah 1 X 1 m dan 0,5 X 1 m. Bahannya yang ringan memudahkan pengguna untuk dapat mengganti apabila terjadi kerusakan. Kelemahan bahan eternit atau asbes ini tak bisa tahan dari guncangan dan benturan sehingga harus berhati-hati dalam proses pemasangan plafon agar tidak mudah retak dan patah.

Plafon Akustik

Plafon akustik solusi mudah bagi Anda yang ingin memiliki hunaian namun jauh dari kebisingan. Karena plafon jenis ini tahan terhadap ambang kebisingan tertentu. Keunggulannya, dapat meredam suara sehingga untuk kebutuhan ruangan tertentu banyak dipakai oleh masyarakat. Bobotnya relatif ringan sehingga mudah untuk perbaikan atau diganti dan proses pengerjaannya cepat. Kelemahannya sendiri tidak tahan air dan jarang dijumpai sehingga harga plafon akustik ini relatif lebih mahal.

Plafon Gipsum

Plafon jenis ini banyak sekali digunakan. Ukuran untuk plafon jenis ini adalah 122 X 124 cm. keunggulannya, pada saat terpasang plafon gypsum memiliki permukaan yang terlihat tanpa sambungan sehingga banyak diminati masyarakat. Mudah diperbaiki, mudah di dapat dan mudah pula dig anti. Sementara kelemahannya mudah rusak jika terkena rembesan air. Bobotnya juga relatif ringan sehingga mudah mudah untuk perbaikan dan sistem pengerjaannya pun cepat.

Sudah bisa menentukan kira-kira jenis plafon apa yang sesuai dengan kebutuhan dan pas untuk hunian Anda? Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber : Harian KOMPAS Klasika,  Edisi Rabu, 12 Desember 2012

Daftar Email Diskusi
Kirimkan email untuk Saya ketika ada artikel baru yang ditayangkan

komentar anda

Loading