Cara Mudah Hijaukan Rumah dengan Tanaman Rambat
2 SHARES

Cara Mudah Hijaukan Rumah dengan Tanaman Rambat

Bingung karena ingin memiliki vegetasi hijau yang dapat menyejukkan rumah tapi lahan di rumah Anda tidak memungkinkan untuk membuat taman luas? Memanfaatkan tanaman rambat yang cantik sebagai pengganti taman idaman Anda bisa dijadikan solusi yang cukup jitu untuk memberi kesejukan dan keteduhan di halaman rumah Anda.

Terus, bagaimana caranya agar tanaman rambat bisa menjadi penyejuk rumah Anda di kala panas melanda?

Anda bisa menumbuhkan tanaman rambat itu di kerangka pergola atau carport yang Anda miliki. Selain membuat biaya pembangunan carport menjadi lebih murah karena hanya butuh sedikit kerangka besi atau kayu sebagai media rambat, carport atau garasi Anda akan jadi tampak lebih unik dan tentunya lebih sejuk dibandingkan dengan carport pada rumah-rumah biasa.

Tanaman rambat juga bisa ditumbuhkan di area sekitar pagar sebagai hiasan hijau yang unik dan cantik pada eksterior rumah Anda. Anda juga bisa membuat taman vertikal atau vertical garden dengan menyediakan kerangka besi atau kayu yang diletakkan dalam posisi berdiri tegak untuk digunakan sebagai media rambat. Bahkan jika mau, Anda bisa menghias balkon rumah Anda dengan menumbuhkan tanaman rambat pada pinggiran balkon. Dengan cara ini rumah Anda pasti akan terlihat asri walaupun Anda tidak mempunyai taman yang luas.

Untuk jenis tanaman rambat yang akan ditanam, Anda bisa memilih tanaman rambat dengan bunga yang cantik dan berwarna-warni seperti Thunbergia Grandiflora, Antigonon Leptopus (Air Mata Pengantin), atau Mandevilla. Dan untuk perawatan, Anda harus rajin memangkas cabang-cabang yang tidak diperlukan, karena kalau tidak, tanaman rambat Anda akan tumbuh tidak teratur dan acak-acakan sehingga membuat rumah Anda jadi terkesan tidak terawat.

Thunbergia Grandiflora

 

Mandevilla

 

Antigonon Leptopus (Air Mata Pengantin)

Untuk menumbuhkan tanaman rambat dengan baik, butuh kelembaban yang cukup tinggi, sehingga akar tanaman pokoknya harus cukup sering disiram dan lebih bagus lagi bila ditanam pada iklim tropis yang sering mengalami musim penghujan. Namun walaupun begitu, tanaman ini juga tahan hidup pada iklim yang panas, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan perawatan yang sulit atau merepotkan.

Sumber: majalah renovasi dan berbagai sumber lain

Artikel Terkait

Komentar

Loading