Bunga KPR Murah dari BJB diserbu Pembeli Rumah!

Bunga KPR Murah dari BJB diserbu Pembeli Rumah!

22 January 2013 / Berita Properti / () Komentar
Ditulis oleh

Bunga KPR dari setiap Bank memang berbeda-beda. Tapi kita semua tahu, semakin kecil bunganya akan semakin ringan cicilannya. Oleh karena itu, tak heran jika program KPR BJB (Bank Jawa Barat dan Banten Tbk.) diserbu oleh calon pembeli rumah dijual. Pasalnya Bank Daerah ini menawarkan bunga yang cukup kecil, yakni hanya sebesar 7,29% dan bunga tersebut adalah bunga fixed rate selama dua tahun cicilan.

Kepala Divisi KPR dan Mortgage BJB, Fermiyanti, mengatakan pihaknya optimis bahwa penyakuran dana pada program KPR BJB bisa mencapai 1,5 Triliun di tahun ini. Ya, pertumbuhan kredit BJB tahun ini memang meningkat drastis, dimana pada awal tahun jumlah kredit yang tercatat hanya mencapai 500 miliar rupiah, sedangkan menjelang akhir November sudah mencapai 1,47 triliun rupiah.

“Kami yakin, sampai akhir tahun bisa menembus Rp 1,5 triliun. Tahun ini kami memang terus mempromosikan bunga murah untuk KPR, dan ini hasilnya”, ujar Fermiyanti.

Dalam programnya BJB juga turut bekerjasama dengan lembaga-lembaga seperti Jamsostek, Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan), YKPP (Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan) dan Kemenpera (Kementerian Perumahan Rakyat) untuk mendorong pertumbuhan KPR lebih baik lagi di tahun 2013. Fermiyanti meramalkan bahwa bank BJB bisa menyalurkan dana KPR hingga 3,54 triliun di tahun depan.

Ketika ditanya mengenai resiko kredit bermasalah pada program KPR, Fermiyanti mengatakan ia tetap berpandangan positif. Ia tidak khawatir dengan tingginya pertumbuhan KPR, sebab hingga saat ini tingkat rasio kredit bermasalah (NPL) masih dibawah 3,5 %. Ia juga belum melihat adanya potensi bubble pada bisnis perumahan mengingat Bank Indonesia juga masih mempertahankan bunga acuan (BI Rate) pada level rendah, yakni 5,75 %.

Wilayah yang memiliki potensi tinggi atas bisnis properti di Jawa Barat sendiri berada di Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Namun tetap tidak menutup kemungkinan Bank BJB juga akan melebarkan jangkauan program KPRnya di luar Jawa Barat.

Sumber: kompas.com