Bijak Menggunakan Solar Cell

  • 31 Jul 2014

Indonesia adalah salah satu negara tropis dan mendapatkan sinar matahari yang berlimpah.  Agar sinar matahari tersebut tidak sia-sia jatuh ke bumi, beberapa orang memanfaatkannya sebagai sumber energi untuk menggantikan energi listrik.

Solar cell adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Dengan adanya solar cell, manusia dapat melepaskan ketergantungan terhadap listrik serta menyelamatkan bumi.

Pada beberapa negara barat banyak yang menggunakan solar cell karena kesadaran masyarakat akan isu lingkungan cukup tinggi. Mereka cenderung menggunakan produk penghasil polusi yang sangat rendah dan menghemat pemakaian listrik.

Solar cell memang dapat membantu Anda dalam penghematan energi, namun untuk menggunakan perangkat ini Anda membutuhkan biaya yang cukup besar. Perangkat ini dapat bertahan sampai dengan 20 tahun. Solar cell pada lingkungan yang rendah polusi, perawatannya akan lebih mudah dibandingkan di lingkungan yang tinggi polusi.

Meski fungsinya untuk menghemat listrik, perangkat ini masih mengandalkan baterai cadangan yang digunakan pada malam hari dan saat hujan turun. Kebutuhan listrik masing-masing rumah akan mempengaruhi luas bidang yang dibutuhkan untuk memasang solar cell.

Sumber: www.popularmechanics.com

Waktu yang paling tepat untuk memasang solar cell adalah saat perencanaan bangunan. Investasi dan instalasi perangkat dilakukan cukup satu kali saja. Dengan perencanaan ini, maka arsitek dapat mempertimbangkan area yang akan digunakan untuk memasangnya.

Harga perangkat solar cell cukup mahal, maka tidak ada salahnya menggunakannya bersamaan dengan tetangga sekitar. Di Indonesia mungkin belum ada yang menerapkannya, tapi di beberapa negara maju cara ini sudah diterapkan. Sharing pada investasi ini akan jauh menghemat pengeluaran Anda daripada menggunakannya secara individu.

Sumber: diy-home-solar-panels.blogspot.com

Tidak ada salahnya untuk mencoba merakit sendiri perangkat solar cell ini. Awalnya tidak perlu sepenuhnya melepas penggunaan listrik di rumah, melainkan memanfaatkan solar cell untuk sebagian alat elektronik seperti lampu taman atau lampu teras. 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!