Bagaimana Nasib Tabungan Perumahan Rakyat Jamsostek?
0SHARE

Bagaimana Nasib Tabungan Perumahan Rakyat Jamsostek?

  • 20 March 2013 / Berita Properti
  • Rancangan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat hingga kini masih di godok di meja DPR.

RUU Tapera atau yang di kenal dengan Rancangan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat hingga kini masih di godok di meja DPR. Adapun salah satu usulan dari RUU Tapera adalah cicilan 5% dari pendapatan yang saat ini masih dipertimbangkan melalui input dari berbagai pihak. Direktur Utama Jamsostek, Elvyn G Masasya mengatakan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk menentukan iuran tapera. “Itu enggak bisa diputuskan presentasinya langsung harus didasarkan beberapa hal,”

Menurut Elvyn hal yang dipertimbangkan adalah siapa saja pesertanya, kemudian apakah ada batasan penghasilan yang diiperhitungkan sebagai iuran tadi. Lalu apakah beban ditanggung pekerja dan pemberi kerja."Ini elemen yang harus dikaji dulu untuk menentukan berapa jumlah iuran itu dan jumlah iuran ini menentukan harga rumahnya yang berapa. Saya enggak bisa kasih pandangan apakah 5% itu cukup karena harus ada ukuran yang tadi," ungkapnya.

Adapun sebelumnya, Jamsostek juga telah cukup lama melaksanakan program Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) untuk membantu mereka yang kesulitan membayar uang muka untuk pembelian rumah. Program Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) merupakan salah satu bagian dari program Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) Jamsostek, dimana kegiatan utamanya adalah membantu tenaga kerja Jamsostek untuk membayar sebagian uang muka perumahan dengan memberikan pinjaman melalui fasilitas KPR dari perbankan. Namun apakah PUMP nantinya juga akan dikaitkan dengan Tabungan Perumahan Rakyat? Lagi-lagi, RUU Tapera masih menjadi wacana besar di meja DPR.

Temukan informasi rumah dijual hingga apartemen murah di Rumahku.com satu-satunya situs properti yang menjadikannya secara lengkap! Mau dapat iklan rumah gratis? Rumahku.com menyajikannya lengkap untuk menjawab segala kebutuhan investasi dan hunian Anda.

 

Artikel Terkait

Komentar

Loading