2015, Tol Cikampek-Palimanan Siap beroperasi
2015, Tol Cikampek-Palimanan Siap beroperasi

2015, Tol Cikampek-Palimanan Siap beroperasi

27 June 2013 / Berita Properti / () Komentar
Ditulis oleh

Bulan Juni 2015 atau sekiranya dua tahun lagi jalan tol Cikampek-Palimanan (Cipali) akan siap beroperasi.Jalan tol sepanjang 116 km ini ditargetkan, selesai dan bisa beroperasi 2015 mendatang. Pencapaian target tersebut makin optimis setelah pada Rabu, (26/6) PT Lintas Marga Sedaya (LMS) mencairkan kredit sindikasi perbankan senilai sekitar Rp 1 triliun untuk membiayai pembangunan proyek tol Cipali.
 
Pencairan kredit tahap pertama ini merupakan bagian dari kredit sindikasi 22 bank yang dipimpin oleh Bank BCA bersama dengan Bank DKI dengan komitmen pinjaman sebesar total Rp 8,8 triliun. Presiden Direktur LMS, Muhammad Fadzil mengatakan, pencairan kredit dari perbankan nasional tersebut menjadi bukti dari komitmen dan kerja keras LMS untuk mempercepat pembangunan jalan tol Cipali. 
 
“Kami menyadari bahwa proyek tol Cipali ini sangat strategis untuk mendorong ekonomi nasional dan menciptakan manfaat ekonomi yang tinggi bagi masyarakat di sekitar proyek tol. Oleh karena itu, kami berharap dukungan seluruh pihak agar pembangunan ini dapat segera selesai,” kata Fadzil dalam rilis pers.
 
Dia memaparkan, hingga Juni 2013, progres konstruksi pada seluruh ruas tol Cipali sudah mencapai 4,4% dari total target sebesar 3%. Dengan pencairan kredit sindikasi dari perbankan ini progres konstruksi diharapkan akan dapat berjalan lebih cepat. Apalagi proses pembebasan lahan berlangsung dengan baik. 
 
 
“Kami gembira bahwa beberapa warga yang semula menolak dilakukan pembebasan, saat ini sudah mulai memahami dan menerima dana kompensasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Warga akhirnya menyadari bahwa proyek tol ini adalah proyek Nasional dan dimanfaatkan bagi kepentingan umum,” tutupnya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, pembangunan tol Cipali ini sempat mengalami kendala, karena 32 warga di Subang belum mau melepaskan lahan untuk proyek nasional jalan tol tersebut.