Tips Miliki Rumah Tanpa Risiko untuk Anak Muda

Oleh: 22 Des 2016, 08:30 WIB | 2329 Pembaca

Sekarang ini, anak muda mulai menginginkan memiliki rumah sendiri, bahkan tidak sedikit yang menginginkan rumah sejak berusia 20-an. Alasan mereka pun bukan hanya untuk gengsi, namun untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Saat mencari rumah, biasanya anak muda banyak memilih rumah tapak dibandingkan dengan apartemen.  

Lantas, apakah keinginan membeli rumah ini hanya untuk mereka yang berasal dari perekonomian menengah ke atas? Tentu tidak karena ada beberapa cara agar mimpi tersebut dapat terwujud.  

Konsultasi ke berbagai pihak  

Sebelum Anda memutuskan membeli rumah hingga menyusun keuangan, Anda harus berkonsultasi dahulu pada orang yang berpengalaman dan dapat dipercaya untuk membantu memutuskannya. 

Anda bisa berkonsultasi pada orang tua, dengan demikian mereka akan membantu dalam penyusunan keuangan jangka panjang Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa konsisten untuk mencicil kredit, karena banyak anak muda biasanya mulai menciut semangatnya saat sudah menjalani cicilan selama 5 tahun.  

Menyesuaikan waktu 

Apabila Anda sudah menentukan keuangan seperti apa yang akan Anda jalani selama beberapa tahun yang akan datang, Anda dapat memilih rumah dengan jangka waktu dan harga yang sesuai.  

Jika Anda membeli rumah dengan cara kredit, Anda harus menyiapkan uang muka. Hal yang paling penting, jangka cicilan harus disesuaikan dengan pendapatan Anda.

Semisal Anda memiliki tabungan dan membayar uang muka rumah Rp50 juta, dan memiliki penghasilan Rp12 juta perbulan. Anda dapat memilih rumah dengan harga Rp250 juta dengan cicilan maksimal Rp3,6 juta.  

Pilih pengembang terkenal 

Sekarang ini banyak pengembang yang bermunculan di Indonesia mulai dari pengembang yang membangun rumah cluster hingga pengembang yang membangun perumahan yang luas. 

Sebaiknya, pilih pengembang yang sudah dikenal dengan baik. Biasanya, pengembang ini akan benar-benar menjaga namanya, sehingga mereka tidak mungkin memberikan bangunan dengan kualitas yang buruk bahkan dengan harga yang terlalu mahal. 

Jangan memilih pengembang yang mempunyai track record yang buruk, seperti harga yang terlalu mahal hingga bangunan yang tidak berkualitas. 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta