Tips Jitu Dapur yang Bersih Tanpa Pembantu

Oleh: 16 Mei 2017, 12:32 WIB | 2396 Pembaca
Tips dapur bersih
Foto: istimewa

Dapur adalah bagian rumah yang lekas kotor. Tidak heran dalam sehari Anda harus membersihkan area ini selama berulang kali. Hal ini pasti akan merepotkan, apalagi jika Anda tidak menggunakan asisten rumah tangga. Sebetulnya, kunci dapur yang bersih berada pada penataannya. Bila Anda bisa menata dapur dengan baik, dapur akan selalu terlihat bersih dan rapi, walaupun tanpa bantuan asisten rumah tangga.

Berikut beberapa trik yang dapat Anda ikuti.

Rak

Usahakan menyediakan rak atau lemari yang memiliki tutup. Rak ini digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur. Satu rak serta satu lemari sebetulnya sudah cukup, asal Anda dapat menata dengan baik. Selain itu pisahkan alat masak serta alat makan. Jumlah peralatan masak serta alat makan tidak perlu banyak-banyak.

Pisahkan spot lemari untuk menaruh bahan makanan seperti terigu, mentega, minyak goreng dan yang lainnya. Hindari menggantung barang dapur karena akan memberi kesan dapur Anda berantakan.

Stoples

Gunakan stoples atau wadah untuk menyimpan bumbu, gula, kopi, serta kebutuhan lain. Pergunakan ukuran yang sesuai dengan isi dan volume. Letakkan wadah dengan berjejer rapi di dalam lemari atau di dalam rak khusus agar mudah menjangkaunya. Gunakan wadah tersendiri untuk menempatkan alat makan dan pisau. Jauhkan dari kompor sehingga tidak terkena minyak.

Tempat mencuci piring

Beri perhatian khusus pada tempat cuci piring Anda. Hindari membiarkan cucian menumpuk terlalu lama. Cucian yang terlalu lama bisa menimbulkan bau yang kurang sedap, selain itu bersihkan saluran air di bak cuci setiap selesai mencuci piring. Hindari membiarkan kotoran menumpuk di dalam sink.

Anda bisa menggunakan rak piring kecil yang berada di dekat bak untuk menyisihkan air sesudah piring dan gelas selesai di cuci. Sesudah kering, lap piring dan gelas Anda menggunakan tisu dan tempatkan di dalam lemari. Sediakan lap tangan serta lap khusus untuk membersihkan tepi bak cuci.

Cahaya

Walaupun berada di belakang hunian. Usahakan terdapat bukaan untuk cahaya yang baik di dapur. Bila memungkinkan, dapur harus memiliki jendela sehingga terkena sinar matahari langsung. 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta