Pilih Kredit Rumah atau Apartemen?

22 Des 2016, 13:00 WIB | 3065 Pembaca

Memilih rumah atau apartemen? Untuk Anda yang jauh dari pusat, rumah merupakan pilihan utama, namun jika Anda tinggal di tengah kota, terlebih pusat bisnis sudah pasti apartemen adalah pilihan yang paling baik.  

Alasan ini merupakan alasan yang logis, karena di pinggiran kota masih banyak tanah yang dapat dibeli untuk membangun rumah, sedangkan  untuk tanah di tengah kota, harganya sudah melambung sangat tinggi bahkan banyak orang yang tidak dapat menjangkaunya.

Alternatif jika Anda ingin memiliki hunian di tengah kota ialah membeli apartemen. Jika Anda bingung, memilih membeli rumah atau apartemen, ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan.

Jarak dengan tempat kerja 

Biasanya untuk apartemen, ia berada di tengah kota sehingga akan memudahkan Anda untuk pergi kemana pun, apalagi jika tempat kerja Anda ada di tengah kota.

Apartemen dapat Anda jadikan sebagai tempat tinggal karena akan menghemat biaya transportasi dan waktu. Anda juga tidak akan berurusan dengan kemacetan. 
Namun jika tempat kerja Anda berada di tepian kota, mencari rumah tapak lebih memungkinkan, selain itu harga rumah di pinggiran juga lebih murah. 

Pendapatan 

Harga rumah pasti akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan apartemen. Apartemen biasanya dijejali dengan berbagai macam fasilitas sehingga biaya perawatan untuk fasilitas tersebut akan masuk dalam hitungan. 

Lokasi yang strategis di tengah kota juga menjadi faktor mahalnya property ini. Apabila pendapatan Anda tidak dapat menutup angsuran bulanan, lebih baik mempertimbangkan rumah di pinggiran kota.  

Biaya perawatan 

Apabila Anda merupakan tipe orang yang menginginkan berbagai macam kemudahan, membeli apartemen dapat menjadi pilihan yang sangat cocok untuk Anda. Iuran bulanan pun sudah menjadi satu seperti telepon, internet, listrik dan air.

Mempunyai rumah dengan fasilitas yang lengkap seperti apartemen bisa menguras kantong Anda, karena Anda akan dijejali dengan berbagai macam biaya, Anda juga masih direpotkan dengan iuran yang berkaitan dengan lingkungan rumah. 

Legalitas

Dokumen kepemilikan rumah memang menjadi nomor satu karena ia tidak mempunyai batas waktu dan dapat diwariskan. Sedangkan, apartemen menggunakan HGB (Hak Guna Bangunan) yang berlaku selama 20 tahun. 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta