Persiapkan Hal Berikut Sebelum Mencari Rumah

  • 14 Jun 2021

Sandang, pangan, papan adalah kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. Namun papan, berbeda dengan sandang dan pangan. Papan adalah kebutuhan yang sulit untuk dipenuhi.

Selain tidak mudah untuk menemukan hunian yang pas untuk kita, harga hunian semakin lama menjadi semakin mahal, lebih-lebih setiap tahun harganya selalu mengalami kenaikan. Maka, sangat disarankan membeli rumah sedini mungkin. Agar bisa memenuhinya, kita harus melakukan perencanaan keuangan yang benar-benar matang agar keinginan membeli rumah dapat tercapai dalam target tertentu.

Lebih-lebih jika pendapatan bulanan yang diterima tidak besar, pembagian pengeluaran yang Anda lakukan harus benar-benar diperhatikan. Terdapat 2 hal yang harus Anda perhatikan seperti persiapkan uang muka serta cicilan bulanan. Untuk membeli rumah, paling tidak Anda harus menyediakan DP sebesar 10 hingga 20 persen. Jika rumah yang akan Anda beli Rp 500 juta, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 50 hingga 100 juta.

Untuk cicilan perbulannya, bergantung dari tenor yang Anda ambil. Usahakan cicilan yang Anda ambil tidak melebihi 30% dari penghasilan Anda. Berikut perencanaan yang harus Anda lakukan sebelum yakin membeli rumah.

Hitung pengeluaran 

Mengapa hanya 40% yang dipergunakan untuk tabungan uang muka? Mengapa besarnya cicilan hanya boleh 30% gaji? Angka ini sebenarnya tidak mutlak, namun ini adalah perhitungan standar yang dipergunakan oleh banyak perencana keuangan. Presentasi pengeluaran 50% untuk biaya hidup, 10% untuk proteksi, 30% untuk kredit serta 10% untuk investasi. Gaya hidup ini meliputi kebutuhan sehari-hari mulai dari makan hingga hangout.

Asumsi perencanaan keuangan

Apabila pendapatan bulanan Anda Rp 10 juta, cicilan KPR yang Anda ambil tidak boleh lebih dari Rp 3 juta. Ini memang rumit karena pendapatan di atas Rp 4 juta tidak boleh mengikuti FLPP atau fasilitas untuk pembelian rumah bersubsidi. Padahal, dengan nominal cicilan Rp 3 juta per bulan, rumah komersil lebih sulit dicari.

Disarankan Anda mencari rumah yang memiliki harga Rp 350 jutaan, dengan tenor 15 atau 20 tahun masa cicilan. Setelah memilih rumah dan membayar uang muka, Anda hanya perlu menunggu proses persetujuan bank untuk akad kredit.