Jelang Pilkada, Pasar Properti Jakarta Barat Kembali Terperosok

Oleh: 02 Des 2016, 08:30 WIB | 2286 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Pasar properti di Jakarta Barat di bulan Oktober 2016 mengalami kenaikan. Paulus selaku Principal Raywhite Citra Garden City mengatakan, hal tersebut terlihat dari respon pasar yang terjadi. Tak hanya itu, penjualan pada periode tersebut juga dikatakannya menanjak 2-3 kali lipat. 

Berbeda dengan yang terjadi di Oktober, penjualan di bulan November justru sangat tidak memuaskan. Mulai dari respon, hingga jumlah transaksi yang terjadi, dikatakan Paulus kembali anjlok.

"Saya melihat transaksi di bulan 7 hingga bulan 8 yang paling parah. Tapi kemudian menanjak di bulan 10 (Oktober), bahkan mencapai 2-3 kali lipat. Namun bulan 11 kembali melambat, tidak ada aktivitas," ucapnya saat ditemui Rumahku.com.  

BACA JUGA : INGIN ASURANSIKAN RUMAH? PERHATIKAN HAL INI

Berdasarkan analisisnya, pada penghujung tahun seperti sekarang ini, isu liburan lebih menarik perhatian investor. Selanjutnya, isu Pilkada serentak juga turut menekan jumlah transaksi di sektor properti. Paling tidak itu terjadi hingga Maret 2017.

"Jika Pilkada berlangsung aman, Maret tahun depan properti akan bergairah kembali. Mengapa? Karena investor bukannya tidak punya uang. Mereka punya uang, hanya saja mereka masih menunggu momen yang tepat. Investor itu sensitif terhadap isu politik. Sebab properti nggak bisa dibawa kemana-mana. Saat kondisi tidak aman, properti pun tak akan bisa dijual," tutur Paulus.

Ia melanjutkan bahwa secara fundamental, kenaikan properti sudah seharusnya terjadi. Parameternya sudah ada, mulai dari kebijakan tax amnesty, pengurangan pph jadi 2,5 persen, BPHTB yang cuma 0 persen, keringanan LTV (Loan to Value), hingga digenjotnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah.

"Sebenarnya, usai tax amnesty tahap 1, secara kasat mata peluang jauh lebih bagus, mulai dari jumlah transaksi, telpon dan banyaknya pertanyaan. Tapi kondisi politik membuat jadi tidak kondusif, terutama dengan pilkada DKI, properti nyungsep lagi. Sekarang kami masih struggling," pungkasnya.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta