Ini Tipe Rumah yang Akan Didapat dari Program Tapera

Oleh: 29 Mar 2016, 07:00 WIB | 955 Pembaca
foto : flickr/dfataustralianaid

Terlepas dari pro-kontra pengesahan UU Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), tahukah Anda tipe rumah seperti apa yang akan didapat? Seperti diketahui UU tapera ditetapkan agar bisa menekan backlog perumahan yang mencapai 15 juta unit.

UU Tapera diberlakukan untuk kepentingan rakyat dan manfaatnya paling bisa dirasakan oleh Masyarakat Berpenghasilan Kecil (MBR). Dari tabungan wajib tersebut, masyarakat bisa mencicil rumah layak huni dengan lebih intensif dan terkelola dengan baik.

Lalu, rumah seperti apakah yang akan didapatkan MBR dari program Tapera? Hal ini sempat dijelaskan oleh Maurin Sitorus beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Tapera menyasar MBR dengan kisaran pendapatan antara Rp 2,1 juta hingga Rp 5,2 juta per bulan. Penghasilan bulanan yang terbatas dan dinilai akan susah mengumpulkan tabungan memiliki rumah layak segera. Untuk itu, rumah yang akan diberikan ialah jenis rumah layak huni.

BACA JUGA : PERHATIKAN 4 POIN PENTING INI KETIKA MEMBANGUN RUMAH

Dilihat dari pendapatan, bulanan dan kemampuan mengkredit rumah, tipe rumah yang akan diperoleh ialah memiliki luas tanah 72 meter persegi. Sedangkan luas bangunannya sekitar 36 meter persegi.


"Dengan ukuran 36 meter persegi itu sudah bisa untuk 4-5 orang. Tapi harus layak huni," kata Maurin.

Rumah dari Tapera memang termasuk sederhana, namun fasilitas yang ada di dalam rumah wajib memenuhi standar rumah layak huni. Dengan kata lain, rakyat tak perlu khawatir soal kualitas perumahan yang akan didapatkan dari Tapera.

"Harus memenuhi syarat dari segi kesehatan dan keamanan. Atap, tembok, dan lantai harus memenuhi syarat. Harus ada air, ada listrik, sanitasinya bagus dan masalah udara harus memenuhi syarat. Tapi rumahnya tidak besar seperti rumah subsidi," tambahnya. 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!