Belum Menikah, Lebih Baik Beli Rumah atau Tanah Kavling?

Oleh: 09 Sep 2016, 13:00 WIB | 827 Pembaca
Foto: flickr/sludgeulper

Beberapa pertanyaan seperti judul di atas memang kerap ditanyakan oleh beberapa pihak yang bingung untuk memutuskan, apakah lebih baik beli rumah atau tanah kavling jika posisi kita belum menikah.

Tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan tak bisa disamaratakan. Namun jika berbicara tempat tinggal, tentulah kita akan mengacu pada rencana jangka panjang. Di samping itu, membeli properti juga berarti tentang kondisi keuangan.

"Berbicara properti berarti berbicara tentang kemampuan keuangan seseorang. Adakah uang untuk beli rumah? Atau hanya cukup untuk beli tanah? Atau bahkan tak punya uang sama sekali?" ucap Mada Aryanugraha, perencana keuangan dari Finansia Consulting, kepada Rumahku.com.

Ia melanjutkan, membeli rumah memang lebih baik, tapi tentu saja harganya relatif lebih mahal. Sedangkan jika hanya membeli tanah, maka di kemudian hari kita membutuhkan uang lagi untuk pembangunan rumah. Positifnya, antara suami dan istri bisa memikirkan ide desain rumah yang sesuai untuk mereka berdua.

"Karena selera itu kan beda-beda, antara suami dan istri belum tentu sama. Tapi ya itu tadi, masih ada PR lagi yang mesti dipikirkan, yakni proses membangunnya," tegas Mada.

BACA JUGA : Cara Merencanakan Keuangan untuk yang Ingin Beli Rumah

Hanya saja, baik membeli rumah ataupun tanah, menurut Mada langkah tersebut merupakan langkah yang baik apalagi jika dilihat dari sudut pandang investasi. Pasalnya, investasi properti dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan instrumen lain.

"Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti reksadana campuran misalnya, keuntungan yang didapat paling tinggi 15 persen dalam waktu 3 sampai 5 tahun. Sementara properti, kenaikan per tahunnya rata-rata 15 persen. Jadi, mana yang lebih menggiurkan?" tutupnya.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta